Alumni Unair Se-Jatim Gelar Donor Darah 12 Kota Serentak

180
Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam ikut donor darah di PMI Sidoarjo.

Sidoarjo, PijarOnline.net –  Ikatan Alumni Univeritas Airlangga (Ika Unair) menggelar bakti sosial donor darah secara serentak, Sabtu (19/12). Sebanyak 12 pengurus cabang di seluruh Jawa Timur menggelar kegiatan kemanusiaan ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian 50 Tahun Ika Unair.

Pelaksanaan di Kota Surabaya diadakan mulai pukul 09.00-14.00 WIB. Sedangkan lokasinya adalah di Lobby Aseec Tower Kampus B Unair dan di Excelso House of Airlangga, Jalan Dr Soetomo, Surabaya.

Donor darah serentak selain dilaksanakan di Surabaya, juga dilaksanakan di Sidoarjo, Jombang, Tuban, Lumajang, Lamongan, Mojokerto, Jember, Probolinggo, dan Malang. Sedangkan, Ika Unair Ponorogo dan Gresik sudah melaksanakan pada Kamis (8/12).

Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam mengungkapkan, kegiatan donor darah diadakan di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sidoarjo di Jalan Jati. “Kegiatan ini merupakan rangkaian bakti sosial yang telah kami gelar sebelumnya,” ungkap dokter gigi ini.

Para pendonor berasal dari alumni yang berasal di Sidoarjo dan sekitarnya. Termasuk keluarga, kerabat, maupun saudaranya. “Kami menyediakan paket sembako kepada para pendonor yang ikut aksi kemanusiaan ini,” imbuh Khizam.

Sementara, Ketua Ika Unair Pengurus Wilayah (Pengwil) Jawa Timur Hendy Hendarto mengapresiasi para pengurus cabang Ika  Unair yang melaksanakan donor darah serentak. “Saya mengapresiasi kekompakan alumni serta para pengurus PC yang sudah bekerja keras mewujudkan ini,” imbuhnya.

Aksi donor darah dibuka oleh Rektor Unair Mohammad Nasih. Sekaligus menyapa kegiatan donor darah di masing-masing Pengurus Cabang Ika Unair secara daring. Giat kemanusiaan bertema Bakti Donor Darah ini bekerja sama dengan PMI dan aplikasi Reblood.

Ketua Panitia Teguh Prihandoko mengatakan, pihaknya terbantu dengan aplikasi Reblood. “Aplikasi ini mendukung protokol kesehatan. Jadi, tidak ada penumpukan peserta. Itu meringankan kegiatan sosial kami,” tegasnya.

Teguh mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah mendukung donor darah ini. Di antaranya PT Rembaka, PT Aperindo Prima Mandiri, Real Estate Indonesia, PT Graha Mukti Indah, PT Darma Putra Airlangga, sivitas akademika Universitas Airlangga, PMI, dan Reblood.

Meski pendaftar online telah tercatat sebanyak 400 orang di Surabaya, panitia tetap membuka kesempatan masyarakat luas mendonorkan darah secara langsung datang ke lokasi. Panitia telah menyiapkan 300 paket sembako untuk pedonor pertama yang berhasil diambil darahnya.(zki)