Bekas Karhutla di Jatim akan Direboisasi dengan Tebar Biji dari Helikopter

383
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: kominfo.jatimprov.go.id)

Surabaya, Pijaronline.net – Bekas lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa gunung di Jawa Timur akan ditanami kembali (reboisasi). Beberapa titik lokasi reboisasi telah disiapkan oleh Pemprov Jawa Timur.

Salah satu metode yang akan digunakan adalah menabur biji-biji tanaman dari atas helikopter. Hal ini dilakukan karena jika reboisasi lewat jalur darat medannya tidak memungkinkan.

“Kami harapkan penaburan biji dari atas helikopter bisa segera tumbuh karena saat ini musim hujan,” ungkap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (25/12), seperti dilansir Antara.

Pemprov Jawa Timur telah berkoordinasi dengan Danlanud Abdurrahman Saleh, Malang. Mereka akan bersama-sama melakukan penghijauan agar lahan yang gundul dapat ditanami lagi.

Khofifah juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan hal serupa. Namun dengan menanam biji-bijian di lahan kosong sekitar permukiman.

“Jangan buang biji buah-buahan yang dimakan. Simpan, lalu keringkan dan ditabur ke lahan kosong supaya bisa tumbuh bersamaan dengan musim hujan ini,” katanya.

Menurut dia, gerakan reboisasi ini perlu dilakukan. Pasalnya, pada puncak musim kemarau lalu banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan kosong di berbagai daerah di Jawa Timur. Akibatnya, ribuan hektare lahan hijau yang menjadi paru-paru dunia menjadi berkurang.

“Ketidakseimbangan alam dan lingkungan ini bisa menjadi salah satu penyebab perubahan iklim dan cuaca ekstrem. Termasuk musim kemarau menjadi sangat panjang sehingga musim penghujan juga ikut mundur akhir Desember atau awal Januari mendatang,” jelas Khofifah.(dan)