Candi Luncurkan Kampung Tangguh di 24 Desa

552
Para pejabat Forkopimda Sidoarjo hadir dalam acara peresmian 24 Kampung Tangguh di Kecamatan Candi. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Sebanyak 24 Desa di Kecamatan Candi, Sidoarjo meluncurkan Kampung Tangguh Semeru. Hal ini dilakukan sebagai upaya warga wilayah tersebut menekan angka sebaran Covid-19.

Dari 24 Desa, diwakili Lima Desa yaitu Desa Kalipecabean, Larangan, Sumorame, Kedungkendo, dan Jambangan, pada awal pekan ini di Balai Desa Kalipecabean.

Peluncuran kampung tangguh tersebut dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo (Wabup), Nur Ahmad Syaifuddin,  Kapolresta  Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji, dan Wakapolresta Sidoarjo, AKBP Deny Agung Andriana beserta pejabat utama Polresta Sidoarjo, Forkopimka Candi, Kepala Puskesmas Candi, kepala desa, dan tokoh masyarakat.

Sumardji mengapresiasi upaya sejumlah desa di Kecamatan Candi yang membentuk Posko Kampung Tangguh. Tidak hanya bermanfaat untuk menekan penyebaran Covid-19 saja. Namun, membuat tangguh keamanan di desa-desa.

Ada juga ketangguhan yang dilakukan para satgas di Posko Kampung Tangguh. Misal satgas pemakaman dan satgas kesehatan, bagaimana masyarakat di wilayah Kecamatan Candi begitu kompak menangani warga korban Virus Corona.

“Semua saling peduli dan gotong royong, satu dengan lainnya bahu-membahu membantu warga terdampak Covid-19. Inilah yang ditunjukan warga Candi dan harapannya dapat ditiru warga lainnya,” ujar  Sumardji.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji berharap launching Kampung Tangguh di Kecamatan Candi yang diwakili kelima desa dapat terus lestari. Pasca launching harus terus semarak agar desanya tetap tangguh di segala bidang.

Wabup  Sidoarjo  juga menyambut baik, upaya warga di kelima desa Kecamatan Candi dalam rangka membalikan keadaan dampak Virus Covid-19.

“Dari Pemkab Sidoarjo sangat mendukung upaya desa-desa agar segera pulih dari dampak Covid-19. Salah satu paling efektif adalah melalui pembentukan Kampung Tangguh,” jelasnya.

“Meskipun kita sudah melewati tahapan PSBB hingga yang ketiga agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, serta membiasakan hidup bersih dan sehat. Supaya Kabupaten Sidoarjo benar terbebas dari Virus Corona,” lanjut Wabup.

Seperti yang disampaikan Camat Candi,Ahmad Ichwan Jauhari, penyebaran Virus Corona di wilayah Kecamatan Candi mulai menjangkit sejak 22 Maret 2020 di Desa Larangan. Dari situ satu persatu jumlah terus bertambah menyebar ke sejumlah desa lainnya. Kecuali Desa Sumokali, Balong Gabus dan Kedung Peluk yang sampai saat ini masih kosong dari konfirmasi positif Covid-19.

“Karenanya kami berharap beberapa desa di Kecamatan Candi yang zona merah dapat segera kembali normal, dan warga yang terdampak Covid-19 dapat segera pulih dengan adanya pembentukan Posko Kampung Tangguh ini,” ungkapnya. (ary)