Cegah Covid-19, Warga Kebonagung Buat Portal dan Jaga Swadaya

414
Warga Dusun Kebonagung, Sukodono berjaga portal bergiliran di jalan masuk dusun untuk antisipasi Covid-19. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Memutus sebaran Covid-19, warga Dusun Kebonagung, Desa Kebonagung, Sukodono memilih PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) lokal. Menutup akses masuk dan keluar dusun dengan portal swadaya warga.

Portal itu  dijaga 24 jam oleh warga secara shift atau bergantian. Mereka menjaga di tiga titik portal terpisah. Warga sangat berantusias. Ini untuk memutus sebaran Covid-19.

Biaya pembuatan portal swadaya termasuk biaya penjagaan. “Biaya operasional untuk penjagaan dari iuran RT. Di dusun ini, ada 13 RT.  Setiap RT dikenai  iuran sebesar Rp. 500.000,” kata Aris, seorang warga.

Penutupan portal jalan masuk dusun ini hanya dilakukan PSBB Sidoarjo selama 14 hari mendatang.  Warga juga diperiksa suhu tubuh dengan thermogun ketika masuk jalan dusun, selain ada jam malam. ‘’Pokoknya kami menjaga warga kami terhindar dari Covid-19,” ujarnya.

Warga juga memasang spanduk yang bertuliskan himbuan untuk tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan,  dan tetap menjaga jarak. Tujuannya jelas untuk memutus sebaran Covid-19. (ary)