Corona, Polresta Sidoarjo Bubarkan Demo 200 Buruh PT HSI

481
Musim Corona, sekitar 200 buruh PT. HSI demo karena di-PHK sepihak.

Sidoarjo, Pijaronline.net – Rabu (1/4/20), sekitar 200 karyawan PT. Hair Star Indonesia (HSI) menggelar demo di Jalan Raya Desa Wedi, Gedangan.  Mereka menuntut pesangon karena ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak.

Para karyawan yang sebagian besar wanita itu  itu bergerombol di depan pabrik. Mereka membawa banner dan spanduk berisi tuntutannya. “Kami 329 Orang Korban PHK Sepihak oleh PT. HSI, Pesangon Kami Harga Mati, Gak Boleh Ditawar. Itu salah satu isi tuntutannya. Demo itu di bawah pengawasan Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi).

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji dan anak buahnya tiba di TKP (Tempat Kejadian Perkara), dan membujuk para buruh agar membubarkan diri.

‘’Kami meminta kesadaran para pendemo untuk membubarkan diri.  Ini untuk antisipasi penyebaran Covid-19. Saya menghimbaunya secara kekeluargaan. Alhamdulilah, mereka sadar dan satu persatu membubarkan diri,’’ kata Sumardji.

Sebelummya pada Senin (30/3/220), sudah ada pertemuan bipartir antara pihak perusahaan dan buruh. Dalam pertemuan itu, perusahaan hanya mampu memberi pesangon Rp. 20 juta untuk masing-masing karyawan yang di-PHK. ‘’Kami menolaknya. Dan, ada demo ini,’’ kata seorang buruh. (ary)

Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Sumardji dan anak buahnya tiba di TKP dan membujuk para buruh bubarkan diri.