Darbe.id Ajak UKM Naik Kelas

459
: Direktur PT Darbe Putra Makmur Nanang Sumartono Hadiwidjojo dengan Komisaris Abdul Haris Nofianto (kiri). (Foto: Rizky)

Surabaya, Pijaronline.net – Usaha kecil menengah (UKM)  merupakan salah satu pilar ekonomi bagi sebuah negara. Keberadaannya terbukti mampu bertahan dari segala guncangan perekonomian.Tapi, pertanyaannya, bisakah UKM scale up (naik kelas) menjadi usaha yang besar dan diakui di kancah internasional? Ini menjadi impian para UKM di manapun berada.

Dan hal ini bukan tidak mungkin. PT Darmi Bersaudara (Darbe) membuktikannya sebagai UKM pertama di Jawa Timur yang berhasil menjadi perusahan terbuka (Tbk).

Atas dasar inilah, PT Darbe Putra Makmur sebagai pemilik mayoritas saham PT Darmi Bersaudara Tbk, merilis pengembangan bisnis baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (digital platform) untuk UKM-UKM. Tujuannya agar dapat naik kelas (scale up) dengan brand Darbe.id. Platform ini dapat diakses di halaman portalnya dengan alamat www.darbe.id.

“Darbe.id saat ini adalah digital platform yang menjalankan dan menghubungkan seluruh ekosistem di existing industri Darbe Group dan bisnis UKM sejenisnya,” ungkap VP Business Development Darbe Putra Makmur Mochammad Ilham, Rabu (15/1).

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya, digital platform Darbe.id ini ke depan diharapkan mampu menjadi business solution partner bagi kebutuhan UKM yang terverifikasi. Terutama di bidang finansial maupun non-finansial hingga dapat meningkat menjadi usaha yang besar.

“Keberadaan Darbe.id diharapkan mampu membawa angin segar bagi UKM yang saat ini sering mengalami kesulitan-kesulitan. Baik dari sisi permodalan maupun tata kelola perusahaan yang baik,” ungkap Mochammad Ilham.

Menurut Mochammad Ilham, UKM butuh permodalan dan tata kelola yang baik. Ini terus didorong untuk menjadi ujung tombak Darbe Group. Ia mengatakan, mimpi besar perusahaannya adalah mendorong UKM dengan memberikan akses kemudahan.

Ekosistem yang dimiliki Darbe Group adalah bisnis perkayuan yang 100 persen ekspor ke India dan Nepal. Sedangkan usaha lainnya adalah pemotongan ayam dengan supplier dari ribuan UKM. Plasma-plasma inilah yang akan digandeng sehingga nantinya ada multiplier effect.

Sementara, Direktur PT Darbe Putra Makmur Nanang Sumartono Hadiwidjojo mengatakan, Darbe.id didukung oleh profesional yang berkompeten di bidangnya. Mereka punya pengalaman dalam pengembangan bisnis UKM.

“Darbe.id ke depan siap masuk di pasar usaha industri jasa keuangan berbasis teknologi informasi (financial technology) dan berkontribusi untuk menguatkan UKM di Indonesia,” jelasnya.(dan)