Day 1 PSBB Sidoarjo, Sekitar 98 Persen Pengendara Patuh

514
Pos check point PSBB Sidoarjo di pintu masuk Waru. Petugas mengarahkan kendaraan ke bilik sterilisasi dan menanyai pengendaranya ID dan tujuannya. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Hari pertama penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Sidarjo, berlangsung aman dan kondusif. Pengendara motor dan mobil banyak yang mematuhi peraturan PSBB.

Demikian seperti dikatakan Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Sumardji setelah memantau penerapan PSBB di beberapa pos check point

“Mulai tadi pukul 24.05 dini hari sampai sore ini, Alhamdulillah pelaksanaan PSBB berjalan aman dan kondusif,” kata Sumardji di pintu keluar tol Sidoarjo, Selasa (28/4), sore.

Pengendara juga banyak yang mengenakan masker. ‘’Sekitar 98% mereka sudah taat pada SOP atau protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Ada beberapa pengendara tidak mengenakan masker. Mereka diberi masker oleh petugas. “Namun bila mereka ketahuan tidak memakai masker lagi, kami akan menindaknya,” ujarnya.

Di 16 pos check point, petugas gabungan menerapkan  protokol kesehatan. Petugas melakukan screening pengendara, pengukuran suhu tubuh menggunakan hermo gun, cuci tangan dengan cairan hand sanitizer. Mereka juga disemprot disinfektan.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji mengecek pos check point PSBB di Waru. (foto by ary).

Peraturan PSBB sesuai peraturan bupati antara lain ojek online hanyadiperbolehkan melayani pesan antar barang atau makanan.  Boncengan motor diperbolehkan asalkan satu keluarga.

“Sedangkan, penumpang mobil hanya 50 persen dari jumlah penumpang. Bila sedan, hanya dua orang penumpang (tidak termasuk sopir), SUV, tiga penumpang. Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mematuhi peraturan PSBB,’’ kata Sumardji. (ary)