Dewan Soroti Kualitas Pendidikan di Kabupaten Mojokerto

506
Pendidikan dasar menjadi titik tumpu untuk SDM yang tangguh. (Foto: selasar.com)

Mojokerto, Pijaronline.net – Pemkab Mojokerto diminta lebih maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Pasalnya, pendidikan dasar memiliki makna penting bagi anak usia sekolah.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuhro. Menurutnya , pendidikan dasar adalah gerbang emas usia dini dalam memperoleh pendidikan yang layak. Disinilah akan muncul sumber daya manusia (SDM) yang tangguh, cerdas, berakhlak mulia, dan berprestasi di segala bidang.

“Pendidikan adalah pintu gerbang menuju kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya,” ungkap Ayni Zuhro

Menurutnya, pemerintah daerah harus mengedepankan kinerja para tenaga pendidiknya. Mereka diminta lebih profesional dan berkualitas. Dengan apa yang dimiliki, para pendidik ini akan mampu menghasilkan anak didik yang berkualitas pula. Dia menilai peningkatan kualitas guru merupakan salah satu solusi perbaikan pendidikan di Kabupaten Mojokerto.

“Dunia pendidikan menjadi perhatian serius bagi  DPRD Kabupaten Mojokerto. Terjaminnya proses belajar-mengajar yang tepat sasaran, maka kualitas SDM  dapat terpenuhi dengan baik pula,” jelas Ayni.

Perhatian tersebut tertuang dalam rekomendasi DPRD kepada Pemkab Mjokerto untuk lebih maksimal dalam mengurus pendidikan dasar. Di antaranya adalah pembangunan sarana dan prasarana yang bermutu.

Dia juga menyatakan, ada beberapa persoalan yang menjadi perhatian dewan dalam dunia pendidikan. Di antaranya adalah banyaknya guru yang memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, perlu pemetaan dan pendataan rinci jumlah guru yang pensiun dan aktif.

Selain itu, masih ada sekolah yang kekurangan murid. Oleh karena itu, DPRD Kabupaten Mojokerto siap untuk membantu mewujudkan pendidikan yang layak

Sementara, pengamat pendidikan setempat, Supriyo mengatakan, ia sangat mendukung kegiatan inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan para anggota dewan. Terutama terhadap proyek-proyek pembangunan maupun rehabilitasi sekolah.

“Ini merupakan bentuk pengawasan positif agar program peningkatan kualitas pendidikan dapat terjamin,” ungkapnya.(dan)