Enam Bus Diusir Keluar dari Terminal Bungurasih

450
Petugas Dishub Surabaya melakukan pemeriksaan terhadap bus di jalur keberangkatan Terminal Bungurasih. (Foto: Istimewa)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru),  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menggelar razia bus antarkota di Terminal Purabaya di Bungurasih, Sidoarjo, Selasa (17/12).

Dalam razia tersebut petugas mengusir 6 unit bus, baik antarkota maupun antarprovinsi. Ke-6 bus tersebut dipaksa keluar dari area Terminal Purabaya karena tak lain jalan. Langkah ini merupakan upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Sebelum mengusir bus-bus tak laik jalan, petugas Dishub Surabaya turun langsung ke jalur keberangkatan. Mereka memeriksa kondisi bus yang akan berangkat ke sejumlah daerah.

Pemeriksaan dilakukan mulai dari kelengkapan alat keselamatan, ban, lampu sorot, rem, dan mesin. Bus diperiksa satu per satu.sebelum berangkat.Meski sebagian besar bus dianggap laik jalan, namun petugas masih saja menjumpai yang tak layak jalan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Pengendalian Dinas Perhubungan Kota Surabaya Budi Basuki menegaskan, bus-bus yang diusir tersebut memang dalam kondisi tak layak. Menurutnya, ada yang kacanya pecah, terutama kaca depan dan juga tak menggunakan ban orisinal.

“Dengan terpaksa kita keluarkan dari terminal karena tak layak jalan,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat menyatakan, seluruh busyang datang dan berangkat dari terminalnya dijamin layak jalan. Terutama selama masa liburan Natal dan Tahun Baru.(dan)