Fakultas Sastra Unitomo Gelar Seminar Internasional ECKLL XI

61
Prof. Tomoko Tanaka dari Okayama University Jepang ketika menyampaikan materinya/photo/dok.

Hadirkan Pembicara Akademisi dari Afrika, India, dan Jepang

Surabaya-Pijaronline.net-Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo Surabaya kembali menggelar acara tahunan “Seminar Internasional ECKLL XI” pada Sabtu, 18 November 2023. Dengan tema “Contemporary Perspective in Language, Literature, Education, and Culture,”. Seminar menghadirkan pembicara selain dari Indonesia, juga akademisi internasional dari Afrika, India, dan Jepang. Tujuan seminar menggali pandangan kontemporer isu-isu kunci dalam bahasa, sastra, pendidikan, dan budaya.

”Tema seminar internasional ini dipilih karena saat ini tengah terjadi pergeseran cara pandang kontemporer terhadap pelbagai bidang keilmuan humaniora. Salah satunya yang menarik adalah bagaimana perspektif kontemporer mampu menantang nilai-nilai tradisional dalam merefleksikan perkembangan interpretasi terhadap dunia,” kata Dekan Fakultas Sastra, Dra. Cicilia Tantri Suryawati, M.Pd. yang didampingi Ketua Panitia, Dr. Rindrah Kartininingsih, SS,MSi, MPd, kemarin.

Seminar ECKLL mencakup berbagai topik bahasan antara lain language, linguistic, literature., teaching, culture, art, gender, entrepreneurship, social and political, information technology, environmental, virtual, dan artificial. Selain dari FS Unitomo Surabaya, perwakilan dari dalam negeri dari Universitas Cokroaminoto Palopo dan UIN Sultan Aji Muhammad Samarinda, dan Mahatma Gandhi University, Meghalaya.

Acara dibuka oleh Dr. Drs. Amirul Mustofa, M.Si, Wakil Rektor I Universitas Dr. Soetomo, Surabaya. ”Kami menyambut baik seminar internasional tahunan ini terselenggara. Selain untuk meningkatkan kredibilitas Unitomo, juga sebagai sarana promosi dan mengenalkan Unitomo ke dunia internasional. Kegiatan semacam ini harus banyak dilakukan oleh fakultas-fakultas lain di Unitomo,” tegasnya. Setelah itu, disusul sambutan Dr. Umi Kulsum, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, yang juga menjadi salah satu keynote speaker. ”Kami berharap kegiatan ini semacam ini terus digalakkan,” ujarnya.

Moderator Dr. Haryono dan pembicara Dr. Ayele Favavi D’Almeida dari Universite D’lome, Togo, Afrika/photo/dok

Seminar dimulai dengan dipandu moderator Dr. Haryono, dosen FS Unitomo. Semua paparan para pembicara menarik. Salah satunya paparan Dr. Ayele Favavi D’Almeida dari Universite D’lome, Togo, Afrika. Di membahas “African Fiction-African Inticacies Nexus: A Bird’s Eye View.” . Paparannya antara lain menjelaskan perkembangan sastra yakni penulisan fiksi di Afrika. Paparannya ini juga hasil kolaborasi dengan dosen FS Inggris Unitomo, Dr. Rindrah yang juga alumni SUSI for Scholars 2023. Para pembicara lainnya termasuk Prof. Atul Kumar dari Dr. D.Y. Patil B-School, India, dan Prof. Tomoko Tanaka dari Okayama University Jepang.

Pembicara, Prof. Atul Kumar dari Dr. D.Y. Patil B-School, India/photo/dok

Setelah sesi pleno, peserta berpartisipasi dalam sesi paralel dengan diskusi berfokus pada topik-topik makalah presentasi. Makalah-makalah tersebut akan diterbitkan dalam prosiding ECKLL XI, dan para presenter memiliki kesempatan untuk mempublikasikan artikel mereka di beberapa jurnal ternama.

Seminar ini mendapatkan dukungan dari Bank Jatim, Ikatan Alumni Prodi Sastra Inggris UNITOMO (UELA), dan Ikatan Alumni Prodi Sastra Jepang UNITOMO (Akaito), serta melibatkan para donatur pemerhati dunia intelektual. Seminar ECKLL XI diharapkan terus menjadi wadah kontribusi dalam mengembangkan wawasan bahasa, sastra, pendidikan, dan budaya di tingkat internasional. (kus/ruf)