Fikom Unitomo Gelar Kompetisi Media untuk Siswa SMA dan SMK

4

Surabaya-Pijaronline.net. Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Surabaya, Jalan Semolowaru menggelar kompetisi media bertitel  “The Art of Media Communication Competition,” untuk siswa SMA dan SMK seluruh Indonesia pada 7 sampai 30 Juni.

“Ajang ini dirancang untuk menampilkan dan mengembangkan bakat siswa SMA dan SMK di seluruh Indonesia dalam bidang Ilmu Komunikasi. Selain itu, kompetisi juga bixsa mendorong kreativitas, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan menginspirasi generasi profesional media di masa depan,” kata Dekan Fakultas Fikom Unitomo, Ass. Prof. Dr. Drs. Harliantara, M.Si kepada wartawan kemarin.

Adapun kategori lomba sebagai berikut: Radio Announcer Competition: Peserta akan menunjukkan kemampuan mereka dalam menarik pendengar dengan suara, diksi, dan keterampilan presentasi. Peserta akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam menciptakan segmen radio yang menarik dan informatif.

TV Presenter Competition: Kategori ini akan menguji penampilan di depan kamera, kejelasan, dan kharisma peserta. Peserta akan membawakan berita atau segmen program, menunjukkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan efektif di televisi.

Jurnalism Article Competition: Calon jurnalis akan menulis artikel yang menarik tentang topik Pendidikan dan Kebudayaan, menunjukkan keterampilan mereka dalam penelitian, penceritaan, dan akurasi fakta. Artikel akan dinilai berdasarkan kreativitas, koherensi, dan integritas jurnalistik.

Vlog Competition: Peserta akan membuat vlog (video blog) yang menarik dan informatif tentang topik pilihan Pendidikan dan Kebudayaan. Kategori ini mendorong kreativitas, orisinalitas, dan keahlian teknis dalam produksi dan pengeditan video.

Bagaimana berpartisipasi? Siswa yang berminat dapat mendaftar melalui situs resmi kami www.fikomunitomo.com/daftar-lomba atau menghubungi 0822-2888-5970 untuk informasi lebih lanjut. Setiap sekolah dapat mengirimkan perwakilan untuk setiap kategori lomba. Panduan lengkap dan kriteria penilaian tersedia di situs web.  Atau cek pengumumannya di Intragram @fikomunitomo untuk update informasi terbaru.

Hadiah dan Penghargaan

Pemenang dari setiap kategori akan menerima hadiah menarik, termasuk beasiswa, uang pembinaan total 20 Juta Rupiah, trofi rektor, dan sertifikat. Selain itu, peserta akan mendapatkan pengalaman berharga dan eksposur, dengan potensi peluang masa depan di industri media.

“Kami percaya bahwa “The Art of Media Communication Competition” akan menjadi platform yang sangat baik bagi bakat muda untuk bersinar dan mengembangkan potensi mereka di lanskap media yang terus berkembang,” jelasnya. (ruf)