FKUB Gandeng UNUSIDA Akan Bagi Sembako dan Masker

402
Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin meresmikan Posko Bantuan Dampak Covid-19 Program FKUB Peduli. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Peduli pada pagebluk Covid-19, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sidoarjo bekerjasama Universitas NU Sidoarjo (UNUSIDA)  membuat Program FKUB Peduli.  Salah satu kegiatannya pendirian Posko Bantuan Dampak Covid- 19 Tahun 2020.

Posko ini diresmikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin SH yang juga ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Senin (06/4/20) di gedung Rahmatul Ummah, Bluru, Sidoarjo. Turut mendampinginya  ketua FKUB Kab Sidoarjo, rektor UNUSIDA dan kabiro Administrasi Pemerintahan dan Otoda, Setdaprov Jatim, Jempin Marbun, S.H, M.H serta dandim 0816 Sidoarjo.

‘’Pendirian posko ini dalam rangka membantu dan berperan aktif dalam pemberantasan Covid-19. Seperti  kita ketahui, wabah Covid-19 menimbulkan dampak luar biasa pada kehidupan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.  Kami dari  lembaga non pemerintah  harus berperan aktif ini,’’ kata Ketua Posko, Suratidjan, kemarin.

Karena itu, pihaknya dari Forum Kerukunan Umat Beragama bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo akan memberikan bantuan paket sembako, hand sanitizer, dan masker. ‘’Kami akan memberikannya kepada masyarakat tidak mampu seperti pedagang kaki lima, pedagang keliling, dan penarik becak. Kami membagikannya  langsung kepada target bantuan itu dengan mobil  operasional agar tidak terjadi kerumunan massa,” imbuhnya Suradjito

Sementara itu, dalam sambutannya, Nur menyampaikan terima kasih pada kepedulian FKUB dan UNUSIDA turut membantu masyarakat  akibat wabah Covid-19. ‘’Ini contoh baik. Lembaga non pemerintah bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah turut bersama sama memberantas wabah Covid-19,’’ ungkapnya.

Karena itu, dia berharap kepada semua pihak baik dari ormas ataupun masyarakat agar bisa bekerjasama dan membantu untuk menangani wabah Covid-19. ‘’Kerjasama dan koordinasi yang tepat akan betul-betul sangat membantu masyarakat dan membantu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam rangka untuk percepatan penanggulangan masalah virus Covid-19”, tandasnya.

Menurut Nur, posko ini juga bertugas melakukan sosialisasi dan pencerahan  terkait wabah ini. ‘’Masyarakat tidak boleh panik tapi harus tetap waspada. Karena bila panik bisa berbahaya. Imun tubuh akan turun. Jadi tetap tenang dan stay at home,” tutup Cak Nur, panggilan akrab Nur.(ary)