FS Prodi Sastra Inggris Unitomo  Undang 3 SMA Surabaya

205
Para siswa 4 SMA di Surabaya ketika mengikuti English Movie Camp di FS Unitomo Surabaya/photo:dok-fs

Ikuti English Movie Camp  dan Lomba Presentasi Review Film

Surabaya-Pijaronline.net-Fakultas Sastra (FS) Program Studi (Prodi) Sastra Inggris,  Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Jl Semolowaru No.84, Surabaya menggelar acara English Movie Camp yakni  English Movie Screening (EMS) dan English Presentation (EP) di Gedung FS, Sabtu (18/3) pagi. Acara yang juga didukung oleh Uela (Unitomo English Literature alumni) ini dihadiri 40 siswa dari SMAN 19-Surabaya, SMA An-Najiyah-Surabaya, dan SMA Kartika Wijaya, Surabaya,

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara fakultas, mahasiswa dan siswa SMA. Tujuan antara lain memperluas dan memperdalam skills Bahasa Inggris adik-adik SMA. Bila nanti mereka tertarik mendalami Bahasa dan Sastra Inggris atau pun Bahasa Jepang, bisa lanjut  mendaftar di Fakultas Sastra Unitomo,” kata Wakil Dekan (Wadek) I Fakultas Sastra, Rahadiyan Duwi Nugroho, SS, MHum, kemarin.

Lebih lanjut menurut Rahadiyan, EMS ini nantinya diharapkan bisa ditindaklanjuti dengan MoU antara Fakultas Sastra Prodi Sastra Inggris  dengan  tiga SMA tersebut. Kehadiran para siswa itu didampingi guru pendamping Bahasa Inggris masing-masing. Menjadikan acara EMS itu lebih meriah. ”Para siswa bisa belajar listening dan conversation dalam percakapan di film,” tegasnya.

Acara EMS itu sendiri dimulai pukul 08.30. Para siswa menyaksikan gelaran movie berbahasa Inggris tanpa substittle Indonesia. Judul film yang dipilih cocok untuk para siswa. Setelah itu, baru dilanjutkan workskop atau pelatihan presentasi bahasa Inggris. Para siswa terlihat antusias mengikutinya.

Setelah itu, review film. Di acara ini, para siswa membentuk kelompok dengan berkolaborasi dengan siswa sekolah lain untuk membawakan presentasi terkait review film. Tentu saja, kelompok siswa dengan presentasi terbaik akan memperoleh hadiah. Para siswa semakin bersemangat dan berusaha melakukan presentasi terbaik untuk kelompoknya.

Jelang akhir acara, bagaimana komentar para guru dan siswa terkait acara EMS ini? Salah satu guru pendamping SMAN 19 Surabaya, Kuncoro, SS, menyatakan bahwa program ini sangat menghibur karena siswa bisa saling berkolaborasi satu sama lain meskipun beda sekolah.

“Anak-anak diajarkan bekerjasama dalam satu tim dengan siswa beda sekolah. Jadi ada kolaborasi. Ini penting untuk networking pertemanan juga,” jelas Kuncoro.

Salah seorang siswa SMA, Afriela Khoirunisa Arabela kelas 11 IPA, menyatakan sangat menikmati kegiatan tersebut karena dapat meningkatkan keterampilan speaking melalui nonton film dan juga berkesempatan berkenalan dengan teman baru dari sekolah lain. ”Saya senang bisa berkenalan dengan siswa beda sekolah. Seru pokoknya,” ujar Arabela.

Pendapat Anastasya Angely Firdausyah, kelas 12 IPS, lain lagi. Dia juga menyatakan senang dalam mengikuti gelaran EMS karena bisa belajar menganalisis film dan praktik mempresentasikannya dalam Bahasa Inggris. ‘’Di SMA, tidak ada mata pelajaran seperti ini,” kata Anastasya

Para siswa SMA sibuk berdiskusi dengan kelompoknya terkait review film yang akan dipresentasikan dalam bahasa Inggris/photo:dok-fs

Komentar Akmal, mahasiswa semester 4,  Prodi Sastra Inggris yang juga  yang merupakan ketua panitia English Movie Camp, menyatakan sangat senang bisa mengundang para siswa SMA untuk  bisa praktik English Presentation setelah menganalisis cerita film yang ditonton bersama. ‘’Semua kegiatan ini bisa berlanjut di tahun mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua  Himaprodi Sastra Inggris,  Rommel Utungga P, SHub. Int, MFil, dia sangat senang sekali karena para mahasiswa bisa berkolaborasi dengan para siswa SMA.

‘’Kegiatan ini bermanfaat sekali untuk para mahasiswa dan para siswa. Tujuannya antara lain selain silaturahim juga  lebih mengasah kemampuan  berbahasa Inggris dalam memahami dan menganalisa film berbahasa Inggris. Kegiatan ini harus lebih dikembangkan untuk tahun mendatang,” jelasnya.

Seluruh rangkaian acara EMS ini baru berakhir pukul 15.30. Para siswa puas dengan gelaran acara dan berharap ada acara lanjutan di tahun depan. (ruf)