Himaprodi Sastra Inggris, Unitomo Gelar Cari Duit Melalui English Storytelling

18
Para peserta "Chasing Dreams through Storytelling" secara online sangat antusias. Kegiatan ini digelar Himaprodi FS Inggris, Unitomo Surabaya/photo/dok.

Surabaya-Pijaronline.net-Himpunan mahasiswa program studi (Himaprodi)-ULISSES, Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Jalan Semolowaru, Surabaya menggelar guest lecture (kuliah tamu) bertajuk “Chasing Dreams through Storytelling” secara online di Laboratorium Multimedia, FS Unitomo, Rabu (27/03) pagi.

“Kegiatan guest lecture ini merupakan realisasi salah satu Program Himaprodi Sastra Inggris untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para Mahasiswa dan sekolah mitra Prodi Sastra Inggris,” kata Ketua Panitia, Imelza Novia, mahasiswa semester 6 Prodi Sastra Inggris, kemarin.

Dengan storytelling kita bisa menceritakan dan juga menjelaskan sesuatu topik atau bahasan secara emosional. ”Cerita tersampaikan secara jelas dan ekspresif. Ini menjadikan para audience tertarik dan menyimak,” jelas Imelza

Sementara itu, pembina ULISSES, Rommel Utungga P., S.Hub.Int., M. Fil., memaparkan bahwa guest lecture itu sendiri menghadirkan pembicara, Gunawan Tjokro. Dia seorang praktisi storytelling dan storyteller profesional. “Tujuannya antara lain menumbuhkan pemahaman para mahasiswa dan guru Bahasa Inggris bahwa keterampilan storytelling bisa menjadi metode untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Dan, storyteller bisa dijadikan profesi yang menjanjikan,” ujarnya.

Para peserta tidak hanya mahasiswa FS Inggris Unitomo saja tapi juga guru Bahasa Inggris SD, SMP, dan SMA di Surabaya/photo/dok.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 40 hahasiswa Prodi Sastra Inggris dan beberapa guru Bahasa Inggris SD, SMP, dan SMA. Mereka begitu serius mendengarkan paparan narasumber tentang pentingnya teknik storytelling, networking para storyteller, petunjuk praktis menjadi storyteller profesional, dan sesi Q (Question) and A (Answer).

Bagaimana komentar peserta? Mahdar, S.S., M.Hum, seorang guru Bahasa Inggris, SMA Dr. Soetomo – Surabaya menyatakan bahwa materi kegiatan ini sangat menarik. ”Event ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan di bidang storytelling. Saya beri masukan kalau bisa kegiatan ini bisa melibatkan banyak sisea SMP atau SMA. selanjutnya, bisa digelar lomba storytelling,” ujarnya.

Pendapat senada juga dilontarkan Kusnul Khotimah, S.S guru Bahasa Inggris di SDN Kapasari I/292, Surabaya. “Penjelasan narasumber sangat bermanfaat untuk para guru. Nantinya ilmu bisa diajarkan kepada para siswa kami agar memiliki skills storytelling in English,'” jelasnya.

Tidak hanya para guru Bahasa Inggris, para mahasiswa Prodi Sastra Inggris juga menikmati acara ini. ”Narasumber berpengalaman dalam bidang public speaking khususnya storytelling. Ketika sesi Q and A punm narasumber begitu jelas memaparkan materinya dan mudah kami pahami. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kami,” kata A. Maulana Marharendra, mahasiswa semester 2 Prodi Sastra Inggris Unitomo.

Secara keseluruhan, event ini digelar mulai sekitar pukul 11.00 WIB dan baru berakhir sekitar pukul 12.35 dengan sesi Q and A. Para peserta pun terlihat puas. ”Kami berharap kegiatan ini ada kelanjutannya,” pungkas A. Maulana. (kus/ruf)