Ika Unair Sidoarjo Bagi Sembako dan Parenting Gadget untuk Anak

166
Para peserta didominasi ibu-ibu dengan anak-anaknya.

Sidoarjo, PijarOnline.net – Dua acara langsung diadakan oleh Ika Unair Sidoarjo, Minggu, 13 November 2022. Yang pertama adalah pembagian sembako kepada warga Dusun Kepetingan dan Pucukan di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Sedangkan kegiatan yang kedua adalah penyuluhan Gadget untuk Anak di Museum Mpu Tantular.

Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam mengatakan, puluhan paket sembako diberikan kepada warga dua dusun. “Ini merupakan bagian dari peringatan 50 Alumni Unair untuk Indonesia,” katanya.

Narasumber Jusuf Agung bersama para peserta

Warga penerima bantuan juga mendapatkan penyuluhan singkat mengenai kesehatan gigi, stunting, dan penyakit mulut dan kuku (PMK), terutama pada kambing.

Sementara, di Museum Mpu Tantular diadakan parenting Gadget untuk Anak-Anak. Acara ini juga dihadiri oleh Achmad Amir Aslichin, anggota DPRD Jatim.

“Saya merupakan bagian dari alumni Unair sangat bangga dengan kegiatan ini. Dengan acara ini saya berpesan agar anak-anak jangan sampai terpapar oleh konten negatif dari gadget,” jelasnya.

Panitia baksos Ika Unair Sidoarjo dengan para penerima bantuan.

Narasumber Berlian Aniek Herlina membawakan materi Bagaimana Menghindari Bahaya Gadget. Menurutnya, gadget punya sisi positif dan negatif. “Salah satu hal negatif adalah bisa memperlambat bicara serta gangguan emosional dan motorik,” jelasnya

Sedangkan Jusuf Agung membawakan materi Bahaya Gadget bagi Perkembangan Psikologis Anak dan Penggunaan yang Aman. “Gadget sangat berpengaruh pada kesehatan mental anak. Perkembangan otak sangat bergantung pada apa yang dipelajarinya,” katanya.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Bencana (P3AKB) Sidoarjo.(zki)