Ika Unair Sidoarjo Gelar Workshop EBT di SMK Muhammadiyah 2 Taman

193
Para siswa diberikan pemahaman yang mudah mengenai penggunaan panel surya.

Sidoarjo, PijarOnline.net – Siswa SMK Muhammadiyah 2, Taman, Sidoarjo mendapat pengetahuan baru dalam pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Mereka mendapatkan workshop Pengenalan dan Pemanfaatan Energi Surya dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Sidoarjo, Sabtu (3/12).

Sedangkan narasumber kegiatan ini adalah Heri Prianto yang merupakan pengurus Ika Unair Sidoarjo. Kegiatan ini diadakan di SMK Muhammadiyah 2, Taman, Sidoarjo, Jalan Raya Sawunggaling, Jemundo, Taman, Sidoarjo.

“Ini kesempatan yang sangat penting bagi para siswa kami karena bisa tambah pengetahuan. Apalagi materinya sesuai dengan bidang kelistrikan yang ditekuni anak-anak, ” ungkap Kepala SMK Muhammadiyah 2 Rachmat Susilo.

Menurutnya, kesempatan ini tidak datang dua kali  “Pergunakan momen ini untuk meningkatkan kualitas diri dan kompetensi,” pesan kepala sekolah.

Pemberian materi dilakukan dengan demo di halaman SMK Muhammadiyah 2 Taman, Sidoarjo

Sedangkan menurut Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam, kegiatan ini merupakan rangkaian 50 Tahun Ika Unair. “Ini merupakan salah satu bakti sosial (Baksos) Ika Unair Sidoarjo. Kami juga berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” ucapnya.

Para siswa sangat antusias mengikuti workshop ini. “Energi fosil yang selama ini banyak digunakan suatu saat akan habis. Sedangkan energi surya tak akan habis,” ungkap Heri Prianto, alumnus Fakultas Sains dan Teknologi Unair angkatan 1989 ini.

Menurut Heri, pemanfaatan energi surya lebih menguntungkan. Salah satunya adalah ramah lingkungan atau green energy. “Selain itu, juga bisa mengurangi biaya beban listrik PLN dan kurangi karbon dan deforestasi,” tukas Heri.

Dua pembawa acara, Ninit Lasiana dan M Edo Rizqi Mardhaditya mampu mengajak sekitar 50 siswa untuk berinteraksi. Selain itu, acara ini tambah meriah dengan door prize yang diberikan panitia.

Di akhir acara, para siswa diberikan demo penggunaan pembangkit listrik tenaga surya.(zki)