Jalankan Prokes Ketat, Pilkada Sidoarjo Sukses

439
Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono dan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji ketika sidak di salah TPS di Kecamatan Kota Sidoarjo saat pencoblosan Pilkada Sidoarjo/foto/ruf/pijaronline-istimewa.

Sidoarjo-Pijaronline.net-Rabu (9/12), Pilkada serentak digelar termasuk di Sidoarjo. Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama Forkopimda Sidoarjo melakukan Pemantauan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga Lokasi, meliputi TPS di Kelurahan Magersari, TPS Lapas Sidoarjo, dan TPS di Desa Kedungbanteng, Tanggulangin.

Dalam pemantuan, semua TPS tersebut sudah melaksanakan protokol kesehatan (prokes). Petugas di TPS memakai masker dan face shield. Demikian juga para pemilih. Mereka harus mengenakan masker, mencuci tangan, di-thermogun

Ini juga dialami penulis. Undangan untuk mencoblos yakni pukul 08.00 sampai 09.00. Penulis segera mendatangi TPS dekat rumah.

Setibanya di TPS, seorang petugas sudah mengarahkan untuk mencuci tangan setelah itu di-thermogun. Baru kemudian, penulis diberi sarung tangan plastik.

Penulis dipanggil untuk mengambil kartu suara. Setelah penulis masuk ke bilik suara. Dengan mengenakan kaos tangan plastik cukup susah juga membuka lembaran surat suara untuk dicoblos. Tapi untungnya bisa. Penulis mencoblos surat salah satu paslon. Setekah surat suara dimasukan ke kotak suara.

Ketika mau keluar TPS, petugas meneteskan tinta pada salah satu jari penulis sebagai pertanda sudah mencoblos. Dengan ditulis jam kedatangan di surat undangan, ini sangat membantu untuk mengurangi kerumunan pemilih.

Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono bersama istri ketika akan mencoblos di TPS 19 dekat rumahnya di Tanggulangin. Dia harus cuci tangan sebelum memasuki area TPS/foto/ruf/pijaronline-istimewa.

Sementara itu, di sela kegiatan keliling pemantauan TPS, Hudiyono bersama istri Ibu Muzayiningsih Hudiyono mencoblos di TPS 19 Lingkungan rumahnya, di Desa Kalitengah Utara, Kecamatan Tanggulangin.

Di TPS tersebut, Hudiyono juga harus mematuhi protokol kesehatan. Sebelum memasuki TPS, dia harus mencuci tangan dan juga memakai kaos tangan plastik ketika akan mencoblos.

Sekedar info, tiga paslon yang ikut Pilkada Sidoarjo. Nomor 1, Bambang-Taufik, nomor 2, Ahmad Mudhlor Ali-Subandi, dan nomor 3, Kelana Aprilianto-Dwi Astutik. Hasil quick account KPU, paslon Mudhlor-Subandi dari PKB unggul 39,88 % dibanding Bambang-Taufik, 38,43 %, dan Kelana-Dwi Astutik,21,70 persen dari total pemilih 1,4 juta. Partisipasi pemilih 64, 27 persen. Dan, golput 501.956. (ruf/kom)