KBN Ikut Semarakkan Cinta Disabilitas dalam Rangka 50 Tahun Ika Unair

148
Pelatihan sablon untuk anak-anak inklusi.

Sidoarjo, PijarOnline.net – Komunitas Busana Nusantara (KBN) yang merupakan perkumpulan pecinta busana-busana daerah di Indonesia, ikut mendukung gelaran 50 Tahun Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair).

Salah satunya dengan berperan serta dalam kegiatan Cinta Disabilitas. Acara ini juga merupakan bakti sosial (Baksos) yang diadakan Ika Unair Sidoarjo.

Kegiatan yang diadakan di SMAN 1 Gedangan, Rabu (19/10) ini, merupakan gelaran pertama baksos Ika Unair Sidoarjo dalam rangka 50 Tahun Ika Unair untuk Indonesia.

Ikatan Alumni Univeritas Airlangga (Ika Unair) Sidoarjo memulai rangkaian kegiatan bakti sosial (Baksos) dalam rangka 50 Tahun Ika Unair untuk Indonesia.

Penasihat KBN Dwi Wahyu Indrawati memberikan sambutan kepada peserta pelatihan sablon anak-anak inklusi di SMAN 1 Gedangan, Sidoarjo.

Ketua Komunitas Busana Nusantara   Lokesywara Setyo Purboko mengatakan, partisipasi KBN ini dalam upaya pemberdayaan disabilitas.

“Selain menyediakan konsumsi dengan konsep mendukung program go green bagi seluruh peserta disabilitas dan panitia acara, KBN mengajak seluruh masyarakat untuk peduli pada disabilitas dengan melakukan pembelian hasil karya mereka untuk menunjang pemenuhan kebutuhan hidupnya,” jelas Lokes, panggilan akrabnya.

KBN juga aktif mendukung kegiatan pelatihan disabilitas sebagai survivor (pejuang hidup) di bidang kerajinan dan berbagai ketrampilan terapan. Salah satunya yang terdekat adalah pelatihan pembuatan Batik Ciprat untuk para disabilitas.

Rasa peduli sesama ini tanpa melupakan kebanggaan terhadap budaya nasional dengan selalu mengenakan busana Nusantara dalam berbagai aktivitasnya.

KBN terus akan menginspirasi banyak orang untuk bangga mengenakan budaya Nusantara sebagai refleksi rasa cinta sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. “KBN turut berperan menumbuhkan rasa kebanggaan tersebut,” pungkas Lokes.(zki)