Lagi, Blusukan , Wabup Sidoarjo Bantu Kakek Sebatang Kara dan Warga Lumpuh

496
Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin ketika menengok dan membantu kakek Kasan yang tinggal di Sekardangan. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Minggu sore (3/5), Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, kembali mblusukan mengunjungi dua warga Sidoarjo yang kondisi kesehatan dan ekonominya menggenaskan. Mereka adalah Kasan (76) dan Edi Rustam, keduanya tinggal di Sekardangan, Sidoarjo.

Kasan,  asal Mojokerto. Dia sudah sekitar 30 tahun tinggal di RT 02, RW 01, Sekardangan, Sidoarjo. Kondisi rumahnya sangat memprihatinkan. Bangunannya ala kadarnya. Dinding rumah terbuat dari triplek, bangunan liar, tempatnya di ujung gang, di pinggir sungai.

Di depan rumahnya ada becak. Becak ini dulu dipakai Kasan mencari nafkah ketika dirinya masih sehat.  Dia kini hidup sebatang kara dan tidak kuat bekerja.  Berjalan pun dibantu dengan tongkat. Selama ini, makan dan keperluan hidupnya dibantu oleh tetangga depan rumah  dan tetangga lainnya.

Melihat kondisi Kasan,  Cak Nur sapaan akrab Wabup, merasa ibah dan sedih. Dia kemudian memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai kepda Kasan.

“Saya memang berusaha untuk menyisir masyarakat yang sangat-sangat memerlukan bantuan. Mereka tidak layak hidupnya, baik yang ber-KTP Sidoarjo atau tidak, hari ini kita melihat Pak Kasan,”jelasnya.

“Alhamdulillah, masyarakat di sini masih guyub. Ke depan, saya harap Pak RT, RW dan Pak Lurah  mencari lahan yang cukup untuk dibangun rumah layak huni untuk Pak Kasan. Bila sudah ada lahan,  mohon lapor kepada Camat dan Saya,” sambungnya.

Setelah itu, Cak Nur diarahkan RT setempat mengunjungi rumah  Edi Rustam yang juga warga Sekardangan. Edi sudah tidak bisa kerja karena sakit. Dia jatuh dari pohon saat bekerja. Dia tinggal di gang sempit dengan dua anaknya.  Istrinya sudah lama meninggal.

Edi Rustam, warga Sekardangan masih lumpuh dan terbaring di ranjangnya ketika ditengok Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. (foto by ary)

Cak Nur  memberikan bantuan uang tunai untuk biaya pengobatan. Dia meminta anak – anak Edi Rustam untuk bersabar mengurus ayahnya. Perangkat kelurahan juga diminta untuk memantau kesehatan warganya ini.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Sekardangan, Santoso menegakan bahwa kesehatan Edi Rustam ini dipantau terus oleh petugas medis puskesmas setempat. “Dari pihak puskesmas, terus memantau kesehatan Pak Edi Rustam,” jelasnya. (ary)