Layani Pasien dengan Senyuman, Pasti Mereka Nyaman

482
Pemateri, dr Berlian Aniek Herlina, MPsi ketika menyampaikan materi Hospitality di seminar PKFI Sidoarjo/photo:istimewa.

Dari Seminar Hospitality PKFI Sidoarjo

Sidoarjo-Pijaronline.net– Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan pelayanan klinik, PKFI (Perhimpunan Klinik & Fasilitas Pelayanan Kesehatan Indonesia) Sidoarjo menggelar seminar bertitel “Hospitality “(Keramahan) di Gedung IBI (Ikatan Bidan Indonesia), Jalan KH Agus Salim, Sidoarjo pada Minggu (5/2/23) pagi.

Bisnis jasa termasuk klinik sangat mengandalkan keramahan pelayanan kepada pasien. Seminar ini penting sekali,” kata Ketua PKFI Sidoarjo, dr Yudi Herryantoro MM, kemarin.

Narasumber seminar, dr Berlian Aniek Herlina MPsi yang juga  Master Trainer, Assesor BNSP serta Sekretaris PKFI Sidoarjo.  Pesertanya sekitar 50 orang. Mereka terdiri para anggota PKFI Sidoarjo.

Acara sendiri dimulai pukul 09.00  di awali dengan menyanyikan Mars PKFI. Selanjutnya, acara dibuka Ketua PKFI Sidoarjo,  Yudi. Dia menyampaikan seminar ini melengkapi persiapan akreditasi klinik yang tengah dilaksanakan. Selain itu, dalam pelayanan klinik yang  diutamakan  ketulusan dan empati.

“Jadi hospitality sangat diperlukan. Karena dengan pelayanan yang ramah, ujungnya nanti akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada klinik. Pasien pun banyak,” jelas Yudi.

Setelah itu, Berlian menyampaikan materi terkait hospitality. Dia menyampaikan standard service pada pasien antara lain adalah memberikan senyuman.

“Senyum itu gratis dan tidak perlu waktu lama. Tapi dampaknya luar biasa. Demikian pula eyes contact serta body language. Jadi rasa empati sangat diperlukan  dalam melayani pasien. Pasien jangan dicemburin dan dicuekin, apalagi dimarah-marahin. Bisa-bisa sakitnya tambah parah,” jelasnya.

Para peserta sangat antusias dan serius mengikuti seminar/photo: istimewa.

Lebih lanjut menurut Berlian, hospitality ini akan terekam menjadi pengalaman menyenangkan atau justru yang tidak menyenangkan bagi pasien. “Jadi lakukan pelayanan yang menyenangkan. Ini akan dikenang sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi pasien. Ketika menyenangkan maka  muncul pemasaran word of mouth. Konsumen merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada kerabat terdekatnya.  Tapi bila sebaliknya, maka pelayanan kita akan dikenang buruk,” jelas Berlian.

Selain itu, pelayanan yang baik maka konsumen akan  membagikan konten bisnis Anda di akun media sosialnya. Mereka mereview  dan  memberikan testimoni terhadap produk atau jasa Anda. ‘’Jadi berbaik-baiklah kepada pasien. Berikan layanan tulus dan bagus kepadanya.” Jelasnya.

Selanjutnya, pembicara  mengundang peserta seminar untuk maju melakukan role play tentang pelayanan di klinik bergantian. Para peserta   sangat antusias mengikutinya. Mereka sepertinya mengerti arti hospitality untuk pelayanan.

Panitia, peserta dan pembicara seminar PKFI Sidoarjo berfoto bersama/photo: istimewa

Acara ini sendiri di-support oleh Klinik Utama Citra Husada, Klinik Medika Utama, Klinik Dian Husada, Klinik Citra Medika, Klinik Layar Husada,IBI Sidoarjo,  Love Jamu Café, dan dr Ayuni Mekarsari.

Dari kiri ke kanan, dr Ayuni Mekarsari. dr. Berlian Aniek Herlina, MPsi, dan CEO Jamu Café, Ny Ariel Puspita Naura Apt/photo: istimewa

“Ilmu nya  sangat  bermanfaat bu dokter. Ini semua   untuk meningkatkan pelayanan  di klinik,” kata Ny Komsatun, seorang peserta. Komentar sama juga dilontarkan peserta Ny Ariel Apt. ‘’Seminar ini bermanfaat. Semoga ada kelanjutannya,” tambahnya. (ruf)