Legenda Bola Voli Slamet Mulyanto Bawa Obor di Pembukaan Porprov

91
Slamet Mulyanto

Sidoarjo, PijarOnline.net – Nama Slamet Mulyanto dalam dunia bola voli di Indonesia sangat kondang. Pria gaek ini hampir seluruh hidupnya disumbangkan untuk perkembangan bola voli. Pendeknya, ia adalah legenda bola voli di Indonesia.

Sederet prestasi diukirnya ketika menjadi pemain bola voli, pelatih, hingga manajer. Terakhir, pada  20 Maret 2023 lalu, ia mendapat piagam penghargaan Legenda Bola Voli dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Pria asal Sidorjo ini dianggap telah memberikan sumbangsilh luar biasa untuk kebanggaan dan kemajuan bola voli Indonesia.

Meski sudah berusia 74 tahun, Slamet Mulyanto yang tinggal di daerah Sekardangan, Sidoarjo ini, dipercaya sebagai pembawa obor dalam pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII. Pembukaan porprov ini akan dihelat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu, 9 September 2023.

Bagi Slamet Mulyanto, atlet bola voli yang berprestasi harus diawali dari klub terlebih dahulu. Menurutnya, dari sinilah pembinaan intensif seorang atlet  bermula. Seorang atlet mengawali dari sebuah klub amatir dulu, lalu berjenjang hingga menjadi atlet profesional.

Slamet Mulyanto sendiri memulai bola voli dengan bergabung sebagai atlet di klub kondang, Sparta, di Sidoarjo. Sejak tahun 1969-1983 ia menjadi atlet di Sparta. Bahkan tahun 1974 hingga 1982 Sparta menjadi juara Jawa Timur. Di tahun 1982 Sparta menjadi juara nasional Gelanggang Cup di Jakarta.

Di tahun 1977 dia menyumbangkan medali emas untuk kontingen Jawa Timur. Sedangkan tahun 1977-1981 sebagai atlet Timnas Voli Indonesia. Di tahun  1977, Slamet Muyanto memperkuat timnas di SEA Games di Kualalumpur, Malaysia.

Selama lima tahun terakhir, prestasi Slamet Muyanto  masih tetap moncer. Ia juga dikenal sebagai pelopor bola voli pantai di Indonesia. Sebagai manajer bola voli pantai Indonesia, timnas asuhannya meraih medali emas putra dan medali perak putri tahun 2023. Di tahun 2021 sebagai manajer, timnas voli pantai meraih medali emas putra dan medali perak putri SEA Games di Vietnam.

Kemudian, meraih medali perunggu World Beach Games (WBG) tahun 2019 di Qatar. Saat itu, Slamet Mulyanto menjadi head coach Tim Voli Pantai Putra Indonesia.

Sebagai head coach timnas putra putri, Slamat Mulyanto mengantar anak asuhnya meraih medali perak untuk putra dan medali perunggu untuk putri di Asian Games 2018 di Palembang. Masih banyak sederet prestasi yang diraih oleh Slamet Mulyanto di tahun-tahun sebelumnya.  Hingga kini, legenda bola voli ini terus mengukir prestasi tiada henti.(zki)