Nekad Mudik ke Sidoarjo, Disterilisasi Dulu di Tiga Posko

452
Bilik sterilisasi dipasang di pintu keluar Stasiun Tanggulangin. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2020, Polresta Sidoarjo mendirikan tiga Posko Mudik dan Pelayanan Covid-19 di dua stasiun  kereta api dan satu di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Jumat (3/4/20). Ini untuk sterilisasi warga dari luar kota yang   mudik ke Sidoarjo.

Tiga posko mudik itu didirikan Stasiun Kereta Api Sidoarjo Kota Tanggulangin, dan Terminal Bus Purabaya, Bungurasih, Waru.

“ Kami himbau warga Sidoarjo yang kerja di luar kota, jangan mudik dulu. Namun bila ada warga yang nekad mudik, antisipasi kami adalah mendirikan tiga posko mudik tersebut. Warga turun dari transportasi-nya, kami sterilisasi di posko,’’ kata Kapolresta Sidoarjo, Kombespol   Sumardji di sela-sela kunjungannya ke posko-posko mudik tersebut.

Kaporesta Sidoarjo Kombespol Sumardji mengecek pendirian Posko Mudik dan Pelayanan Covid-19 di Terminal Purabaya. (foto by ary).

Posko-posko itu nanti juga dibuat senyaman mungkin. Sehingga pemudik  yang di-sterilisasi juga merasa nyaman. ‘’Setelah turun dari kereta api atau bus, para pemudik diperiksa suhu badannya, cuci kedua tangannya dengan sabun atau hand sanitizer. Kemudian, finalnya, mereka harus melalui bilik sterilisasi,’’ katanya.

Petugas gabungan yang stand by di posko. Mereka terdiri  Polri, TNI, Polri, Dinkes, Satpol PP, Dishub serta instansi lain. ‘’Kami bersama akan siap bertugas di posko,’’ ujar Sumardji.

Sumardji harus turun ke lokasi untuk mengecek pendirian dan  kesiapan posko-posko tersebut.’’Kami pastikan kami akan melayani masyarakat semaksimal mungkin untuk antisipasi sebaran Covid-19,’’ tegasnya. (ary)