Pandemi, Objek Wisata Bahari Tlocor Menggeliat

515
Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono ketika berkunjung ke Pulau Lusi di Tlocor/foto/kom/istimewa.

Sidoarjo-Pijaronline.net-Di era pandemi, objek wisata di Sidoarjo mulai menggeliat. Buktinya, Pemkab Sidoarjo berkomitmen mengembangkan wisata bahari Pulau Lusi (Lumpur Sidoarjo) dan Pulau Sarinah di Tlocor, Jabon.

Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono mengundang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pihak terkait Camat Jabon, Kepala Desa Kedungpandan Jabon dan Pengelola Bumdes Kedungpangan. Mereka diajak bagaimana mengembangkan dua objek wisata tersebut lebih maju, pada Rabu (4/11).

”Dua objek wisata itu harus dikembangkan lebih maju lagi. Di era pandemi, wisatawan jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Hudiyono.

Pengelolaan dua objek wisata dilakukan oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) sejak 2019. Dan, omzetnyamencapai Rp 300 juta dalam sebulan. Ada 3 perahu boat dan 4 bus air yang disediakan Pokdarwis untuk mengangkut wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Lusi.

“Setiap hari libur, empat perahu bisa mengantar wisatawan sampai 24 kali ke pulau Lusi. Satu orang tarifnya Rp 25 ribu. Anak-anak, Rp 15 ribu. Perjalanan dari dermaga ke pulau Lusi sekitar 30 menit” kata Supari, Humas Pokdarwis.

Perahu motor seperti inilah yang digunakan para wisatawan ke Pulau Lusi, Tlocor/foto/kom/istimewa.

Selain mengelola perahu, Pokdawis juga mengelola warung makan dan home stay untuk wisatawan yang ingin bermalam. Ada 16 kamar yang tersedia. Tarifnya permalam hanya Rp 250 ribu, dilengkapi AC dan air panas.

Dalam waktu dekat, kata Supari, Pokdarwis akan membangun TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Karena mayoritas warga sekitar Tlocor mata pencahariannya adalah nelayan.

Saat berkunjung ke dua objek wisata itu pada Minggu (1/11), Hudiyono naik boat ditemani Supari, Humas Pokdarwis. Selain itu, tampak pula anggota DPR RI Komisi X, Rahmat Muhajirin, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Kayan, Wakil Ketua Komisi D, Zahlul Yussar dan anggota DPRD Mimik Idayana.

Dari kunjungan tersebut, Pj Bupati Hudiyono melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan di pulau Lusi. Ada empat point usulan yang dicatat Cak Hud, sapaan akrab Hudiyono.

Pertama pembangunan aliran listrik ke pulau Lusi, pengerukan sungai Tlocor menuju pulau Lusi, pelebaran akses jalan mulai dari raya Porong sampai dengan dermaga Tlocor dan pembangunan sekolah perikanan. (ruf/kom)