Pandemi, TP PKK Sidoarjo Salurkan Bansos ke 60 Desa

290
Ketua TP PKK Sidoarjo, Hj Sa’adah Muhdlor (Ning Sasha) ketika memberikan bantuan sembako kepada warga/foto/ins

Sidoarjo-Pijaronline.net- Meringankan beban warga desa di era pandemi, TP PKK Kabupaten Sidoarjo terus menyalurkan bantuan sosial (bansos). Senin (11/10), TP PKK Sidoarjo sudah menuntaskan penyaluran bantuan sosial (bansos) di 18 Kecamatan.

”Sekitar 60 desa lebih telah menerima bansos ini. Kami menyerahkannya secara simbolis maupun door to door,” kata Ketua TP PKK Sidoarjo, Hj Sa’adah Muhdlor (Ning Sasha), kemarin

Setelah ini program yang disiapkan Ning Sasha salah satunya memberikan pendampingan usaha kepada para perempuan dalam meningkatkan usahanya melalui program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (Kurma). Ning Sasha akan mengawal program Kurma untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi kaum perempuan Sidoarjo.

Kecamatan Tulangan dan Kecamatan Balongbendo merupakan kecamatan terakhir yang dikunjungi. Dalam kunjungan pembangian bansos itu Ning Sasha datang ke Desa Grinting dan Kajeksan. Kedua desa itu masuk wilayah kecamatan Tulangan. Kemudian dilanjutkan ke Desa Kemangsen, Desa Bakungpringgodani, dan Desa Bogempinggir Kecamatan Balongbendo.

Ning Sasha menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud upaya pengurus TP.PKK Kabupaten dalam rangka ikut membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. PKK menggandeng perusahaan-perusahaan untuk menggalang bantuan. Berawal dari 500 paket hingga 3000 lebih pekat berhasil dikumpulkan dan dapat disalurkan ke 18 kecamatan.

“Ada suka dan duka dalam proses persiapan maupun pada saat penyalurannya, namun yang paling berkesan adalah ketika kita tahu langsung kondisi warga, dimana kita bertemu dengan anak-anak yatim yang orangtuanya meninggal akibat Virus Covid-19, penderita disabilitas, bahkan sampai ODGJ,” kata Ning Sasha.

Melalui kegiatan ini, TP. PKK mengetahui banyaknya Bumdes yang dapat menjadi andalan pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Termasuk keberadaan UMKM yang membutuhkan dukungan dari pemerintah agar bisa dikenal masyarakat luas.

Ning Sasha menyampaikan bahwa tahun depan program TP.PKK akan langsung turun ke desa-desa agar program TP.PKK bisa langsung tersampaikan pada masyarakat. Seperti program Kurma, program bantuan pinjaman modal usaha khusus untuk para perempuan atau ibu.(ruf/ins)