Para Tour Guide Sidoarjo Kini Punya Ketua Baru

88
Para peserta Muscab II DPC HPI Sidoarjo berpose bersama.

Sidoarjo, PijarOnline.Net – Para pramuwisata atau tour giuide se-Kabupaten Sidoarjo punya ketua baru. Musyawarah Cabang (Muscab) II Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) akhirnya memilih Marzuki Yahya menjadi ketua HPI Sidoarjo periode 2022-2027.

Muscab II DPC HPI Sidoarjo ini diadakan di Museum Negeri Mpu Tantular, Jalan Raya Buduran,  Jembatan Layang, Sidoarjo, Selasa (22/2). Muscab ini dimulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Agenda muscab selain memilih ketua baru adalah mengevaluasi kinerja pengurus  masa jabatan 2016-2021 dan menetapkan program masa kerja 2022-2027. Sempat terjadi diskusi yang serius pada sidang pleno. Salah satunya adalah proses pemilihan kandidat calon ketua DPC.

Akhirnya, Marzuqi Yahya terpilih sebagai ketua baru dengan masa jabatan 2022-2027. Alumnus FISIP Unair Prodi Ilmu Komunikasi ini menggantikan ketua sebelumnya, Rahmanu Tri Anugrah.

“Organisasi bersama strukturnya harus bisa berjalan dengan optimal. Bersinergi dengan lembaga dan profesi jasa pariwisata dimana pun,”  kata Bang Yuki, panggilan akrabnya, usai terpilih sebagai ketua.

Pria yang jug aktif di Ika Unair Sidoarjo ini akan  menyiapkan generasi muda pramuwisata agar siap menjalankan profesi secara andal. Semua ini, lanjutnya,  bisa dijalankan dengan semangat dan integritas yang tinggi.

“Sidoarjo ini unik. Hampir setiap program perjalanan wisata di Jawa Timur yang mengarah ke Malang, Batu, Bromo, bahkan Banyuwangi sekalipun, selalu melalui wilayah Kabupaten Sidoarjo. Industri UMKM Sidoarjo sangat terangkat oleh keberadaan wisatawan. Banyak fasilitas amenities seperti hotel, restoran, rest area, toko oleh-oleh, berada di Kabupaten Sidoarjo,” imbuh Bang Yuki.

Selain anggota DPC HPI Sidoarjo, muscab ini juga dihadiri para pelaku usaha dalam bidang pariwisata. Mereka selama ini telah menjalin kerja sama yang sangat kuat. Di antaranya adalah The Java T-Shirt dari Kota Batu, Brawijaya Istana Oleh-Oleh (Batu), Buah Tangan Oleh-Oleh (Batu), Malang Strudel  (Kota Malang), Morfby Carving Leather dari Tanggulangin, dan Permata Tanggulangin Collection.

“Kami ini sudah seperti saudara. Para pramuwisata atau tour guide dari Sidoarjo telah memberikan kontribusi yang sangat besar kepada pelaku bisnis merchandise,” ucap Ko Parjo dari The Java Tshirt.

Sementara, Machbub Junaedi, perajin kulit ukir Morfby dari Desa Kedensari, Tanggulangin, mengatakan,  Bang Yuki dan kawan-kawan telah banyak memberikan wawasan kepada para perajin tas kulit di Tanggulangin. “Terutama saya, sehingga kami sangat terbantu dalam penjualan produk kulit handmade,” imbuh Machbub Junaedi.

Sedangkan Abah Nur dari Permata Tanggulangin Collection ikut menambahkan, para guide ini selalu memberikan wawasan yang tepat kepada para peserta rombongan wisata. Sekali masuk ke toko, bisa 2-5 bus rombongan berbelanja.

“Kami ucapkan selamat atas terselenggaranya Muscab II DPC HPI Sidoarjo dan terpilihnya Bang Yuki sebagai ketua. Kami sudah memprediksi sejak awal 2020, Bang Yuki adalah kandidat yang akan memberikan warna baru di dunia guiding,” ucap Mas Rizal dari Brawijaya Istana Oleh-Oleh.(zki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here