Pasien Covid-19 Capai 1000 Orang, 19 RS Rujukan Diminta Tambah Bed

257
Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi ketika sidak ke RS Anwar Media, Balongbendo, untuk mengecek penambahan bed untuk pasien Covid-19 yang sudah mencapai 1000./foto/istimewa

Sidoarjo-Pijaronline.net– Pasien Covid-19 di Sidoarjo terus ada kenaikan. Data Dinas Kesehatan Sidoarjo, pada Minggu, (27/6) total pasien Covid-19 Sidoarjo sudah mencapai 1000 orang. Mereka dirawat di 19 rumah sakit (RS) rujukan. Padahal jumlah bed yang tersedia 1.025 bed. Jadi BOR (Bed Occupancy Rate) sudah mencapai angka 99 persen.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi mengintrusikan rumah sakit rujukan secepatnya menambah jumlah bed. Senin (28/6), dia segera sidak ke RS. Hasilnya, tiga rumah sakit rujukan, yakni RS Mitra Sehat Mandiri, Krian, RS Aminah Prambon, dan RS. Anwar Medika, rata – rata menambah 50 bed. Senin, (28/6)

Ternyata pasien Covid itu tidak hanya berasal dari dalam tapi juga dari luar Sidoarjo yang jumlahnya cukup banyak juga.

“BOR pasien Covid-19 saat ini sudah mencapai 99 persen. Kami sudah meminta 19 rumah sakit rujukan untuk menambah jumlah bed dan sudah dilakukan. Ini untuk menampung tak hanya pasien dari dalam tapi juga luar Sidoarjo,” kata Subandi.

RS Anwar Medika, Balongbendo, bed yang tersedia 80 sudah penuh pasien Covid-19 termasuk 30 orang dirawat di Ruang Isolasi Khusus (RIK). Untuk menambah bed, rumah sakit membangun tenda. Bed tenda pun sudah terisi 15 orang pasien Covid. Dan, kapasitas tenda maksimal 54 orang.

“Kami cek SDM rumah sakit sudah siap. Kami nanti bisa kirim bantuan tenaga medis dari Pasmar. Dengan penambahan bed, yang terpenting warga Sidoarjo tercover ketika terpapar Covid 19,” ujarnya. (ruf/inf)