Peduli Wabah Covid-19, PCNU Pasuruan Buka Donasi Masker

366
Penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga adalah salah satu kegiatan Satgas Penanganan Covid-19 PCNU Pasuruan. (foto by ary/makhfud)

Pasuruan, Pijaronline.net – Memutus mata rantai sebaran Covid-19, WHO dan pemerintah menganjurkan agar mengenakan masker jenis apa pun (medis atau home made) bila berada di luar rumah. Maka,  Satgas Pencegahan Covid-19  Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, membuka donasi khusus untuk pengadaan 50.000 masker kain.

Masker  itu nantinya selain dibagikan kepada masyarakat umum, juga akan dibagikan kepada seluruh pengurus NU. Ini bertujuan memberikan edukasi dan keteladanan kepada masyarakat betapa pentingnya penggunaan masker tersebut.

“Kami berupaya memberikan edukasi yakni melindungi  diru secara personal dari wabah Covid-19. Karena itu pengadaan masker dan pembagian masker penting,’’ kata Sugeng Hariyadi,  komandan Satgas Tanggap Covid-19 PCNU Kabupaten Pasuruan usai rapat koordinasi di Posko Satgas PCNU, Jumat (10/4/20).

Lebih lanjut, Sugeng,  menjelaskan masyarakat non medis aman menggunakan masker kain bila di luar rumah. Yang berbahaya kan bagi warga tidak memakai masker bila di luar rumah. Masyarakat non medis tidak harus memakai masker medis jenis N95. ‘’Cukup masker kain. Masker kain nanti juga dijahit dobel sehingga memenuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Pihaknya kata Sugeng, sudah memesan masker kain tersebut.  ‘’Tahap satu, Kamis depan sudah tiba. Kami akan bagikan 5.000 masker dulu,” pungkas pria yang juga menjadi Ketua LPBI PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut.

Pembagian masker nanti akan dibagikan  personil tim satgas. Mereka  terdiri  LPBINU, LAZISNU, Bagana (Banser Siaga Bencana) GP ANSOR NU, dan Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) yang berada di bawah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pasuruan.

Bila ada masyarakat yang ingin berdonasi  bisa disalurkan melalui rekening Bank Jatim (kode bank 114) 109 204 6784 a.n LPBI NU PASURUAN. Konfirmasi transfer di WhatsApp : 0812 1735 3598.

Sedangkan,  untuk donasi barang berupa masker kain bisa langsung di kirim ke Posko SATGAS Tanggap COVID-19 PCNU Kabupaten Pasuruan di Graha KH. A. Wahab Hasbullah di Area Perkantoran PCNU Kabupaten Pasuruan Jl. Raya Warungdowo No. 99 Pohjentrek Pasuruan 67171. Call Center : 0813 5827 6099. (ary/makhfud s)