“Polisi Ganjel” Tolong Ratusan Mobil yang Tak Kuat Menanjak

364
Beberapa polisi mengganjal mobil wisatawan yang tak kuat menanjak di kawasan wisata Sarangan. (Foto: Istimewa)

Magetan, Pijaronline.net – Peran “polisi ganjel” di kawasan wisata Sarangan, Magetan sangat dirasakan manfaatnya. Ya, para polisi ini memang ditugasi khusus untuk mengganjal ban mobil kendaraan yang tak kuat menanjak ke kawasan wisata Telaga Sarangan.

Hampir setiap liburan, terutama pada hari-hari besar, seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru, petugas ini diturunkan. Polisi ganjel membuat para wisatawan yang menggunakan mobil pribadi sangat tertolong. Terutama pada kendaraan yang tak kuat menanjak.

Puluhan polisi ganjel ini memang dipersiapkan oleh Polres Magetan. Mereka ditempatkan di titik-titik tertentu. Baik di tikungan tajam, tanjakan ekstrem, maupun turunan.

Bahkan peran mereka tak hanya mengganjal ban mobil. Tak jarang pengemudi kendaraan meminta untuk digantikan tugasnya. Polisi-polisi inilah yang kemudian menjadi sopir sementara hingga sampai ke atas tanjakan.

“Kami sangat beruntung dengan adanya petugas yang mengganjal ban. Kami merasa sangat tertolong. Coba apa jadinya jika mobil yang kami sopiri ini mundur,” ungkap Supratman, salah satu wisatawan dari Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12).

Dia bersama keluarganya hendak ke Telaga Sarangan berlibur menghabiskan pergantian tahun. Mereka mengendarai MPV. Meski sudah beberapa kali berkunjung ke Sarangan, Supratman mengaku sangat terbantu dengan peran polisi ganjel ini.

Sementara, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai mengungkapkan, adanya polisi ganjel tersebut memang sudah menjadi agenda wajib Polres Magetan  menjelang hari-hari besar. Pasalnya, ntensitas pengendara roda empat yang melewati jalur tanjakan Sarangan sangat banyak.

“Ini sudah menjadi agenda kami dari Polres Magetan, untuk memastikan semua pengendara yang melewati tanjakan Sarangan semuanya selamat,” ujarnya.

Selain itu, polisi ganjel untuk lebih meminimalkan terjadinya laka di jalur-jalur ekstrem di sekitar objek wisata tersebut. Sebelumnya, kapolres juga sudah mengecek secara langsung rolling barrier dan juga memetakan titik-titik rawan longsor di sekitar jalur itu.

“Sebelumnya kita sudah antisipasi. Kemarin bersama Dishub, kita sudah melakukan pengecekan jalur. Mulai dari fungsi rolling barrier hingga pemetaan jalan yang rawan longsor. Harapan kami semua pengendara yang melewati jalur ini merasa aman dan nyaman,”jelas kapolres.(dan)