Posko Mudik dan Pelayanan Covid-19 di Sidoarjo Beroperasi

587
Petugas posko memeriksa suhu badan setiap penumpang yang turun dari bus luar kota di Terminal Purabaya, Bungurasih. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Sabtu (11/4/20) sore, Kapolresta Sidoarjo,  Kombespol  Sumardji mengecek kesiapan Posko Mudik dan Pelayanan Covid-19 di Terminal Bus Bungurasih, Waru, dan Stasiun Kereta Api Sidoarjo.  Posko itu didirikan untuk antisipasi sebaran Covid-19 dari warga luar Sidoarjo yang masuk melalui terminal dan stasiun tersebut.

Posko terlihat sudah beroperasi. Misalkan di Terminal Bus Purabaya, Bungurasih,  terlihat bus dari luar kota menurunkan penumpang.  Setelah turun, penumpang harus melalui proses sterilisasi.  Mulai screening suhu tubuh, penyemprotan disinfektan di bilik antiseptik, mencuci tangan dengan sabun antiseptik. Sterilisasi pada penumpang seperti itu juga terjadi di Stasiun KA Sidoarjo dan Tanggulangin.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji menjelaskan, ‘’Sterilisasi penumpang dari luar kota harus dilakukan. Dan,  pemeriksaan ini sudah berlangsung  sejak dua minggu lalu. Hanya memang masih butuh penyempurnaan terkait dengan situasi dan kondisi yang terjadi akhir-akhir ini,’’ kata Kapolres Sidoarjo Kombespol Sumardji, kemarin,

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji sidak posko dan menunjukan setiap posko tersedia APD hazmat dan ruang isolasi. (foto by ary).

Posko ini juga disediakan 10 biji Alat Pelindung Diri (APD), ruang isolasi, dan beberapa tim medis. Mereka disiagakan untuk menolong seseorang yang terpapar virus Covid 19 atau PDP. ‘’Dengan adanya APD dan ruang isolasi, tenaga medis tidak perlu merasa was-was bila menolong yang terpapar Covid-19,’’ ujarnya.  (ary)