Prodi Sastra Inggris Unitomo Gelar Thanksgiving Celebration

148
Tiga pelajar asing dari Rotary Youth Exchange Program asal USA dan Eropa ketika tampil di acara thanksgiving celebration Prodi Sastra Inggris Unitomo Surabaya/photo/pijaronline.

Hadir Tiga  Pelajar Asing dari USA dan Eropa

Surabaya-Pijaronline.net- Mahasiswa yang tergabung Himaprodi Sastra Inggris  Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Jl. Semolowaru menggelar event Thanksgiving Celebration di Markas Indonesia, JL. Sidosermo II, Sabtu (16/12) pagi.

Event  yang  kali pertama digelar ini diikuti tak hanya  mahasiswa Prodi (Program Studi) Sastra Inggris,  tapi juga siswa SD dan SMA di Surabaya dan Himaprodi Bahasa Inggris Universitas Adi Buana (Unipa) Surabaya.

“Event ini sebagai implementasi nyata understanding nilai-nilai budaya yang ada dalam sejarah dan prosesi thanksgiving ceremony,” kata Rommel Utungga P, dosen dan juga pembina ULISSES, Prodi Sastra  Inggris Unitomo Surabaya, kemarin.

Komentar sama juga dilontarkan Ketua Pelaksana kegiatan, Ananda,  mahasiswa semester 1 Prodi Sastra Inggris. ”Thanksgiving Celebration ini digelar bertujuan memperdalam kajian budaya para penutur asli Bahasa Inggris. Yakni American-English native speakers. Dengan demikian,  mahasiswa dan juga para siswa SD dan SMA yang diundang bisa praktik conversation Bahasa Inggros juga bisa mengetahui budaya mereka,” jelasnya.

Para peserta ketika menampilkan art performance/photo/pijaronline.

Itu karena, tiga pelajar asing, Ofelia dari California, Emeline dari Belgia, dan Emelie dari Jerman hadir dalam event ini.  Mereka adalah pelajar high school dari Rotary Youth Exchange Program yang dihadirkan Rindrah Kartiningsih, dosen Prodi Sastra Inggris Unitomo Surabaya yang juga anggota Rotary Club Surabaya.

Rindrah  ini sebelumnya juga pada awal Agustus 2023  baru tiba dari Amerika Serikat. Itu setelah dia menyelesaikan beasiswa SUSI (Study of United States Institution) Summer Exchange Program  di  Montana State University, ”Kehadiran mahasiswa asing itu agar mahasiswa kita bisa berinteraksi dengannya  baik secara budaya maupun bahasa,” jelasnya.

Sementara itu,  menurut Jubir Prodi Sastra Unitomo, Kusuma mengatakan,thanksgiving celebration bertajuk “Family Gathering and Fiesting” ini juga mengundang 40 perwakilan para siswa dan mahasiswa universitas lain di  Surabaya. “Mereka dari SMA Dr. Soetomo (SMADOR), SMAN 19 Surabaya, SMA An Najiyah Surabaya, SMA Kartika Wijaya Surabaya serta Himaprodi Bahasa Inggris Universitas Adi Buana (UNIPA) Surabaya,” jelasnya.

Tak hanya itu, event ini ternyata juga dihadiri para siswa SD wilayah Penjaringansari yang merupakan komunitas binaan Prodi Sastra Inggris Unitomo.”Event ini disambut antusias oleh para peserta. Next, siapa tahu event ini bisa digelar dan lebih besar lagi,” ujarnya.

Event ini dimulai pukul 08.00. Dalam event itu setiap delegasi dari Institusi diminta secara bergiliran menampilkan  pertunjukan seni-nya, mulai menyanyi, drama atau pun menari.   Dari Uela (Unitomo English Listerature Alumni) menyumbang nyanyian. Tampak Ketua Uela, Debora Emanuela tampil dengan pede. Dia membawakan sebuah lagu yang cukup meramaikan suasana. Selanjutnya, disusul penampilan art performance dari peserta lainnya.

Acara diakhiri dengan kenduri atau makan bersama/photo/pijaronline.

Apakah event ini sangat menarik? “Saya menikmati acara Thanksgiving ini. Karena saya bisa tahu makna dan merasakan secara langsung  prosesi Thanksgiving ini apalagi ada pelajar asing salah satunya dari American native speakers,” kata  seorang undangan, Dera Alia Akbar,  siswa kelas X  SMA Dr. Soetomo Surabaya.

Sementara itu, Nur Qibtiyah, S.S,  guru pendamping dari SMA An Najiyah, berkomentar  event Thanksgiving ini bisa membuka cakrawala pandang para siswa terkait cross-cultural understanding. ”Selain itu yang terpenting meningkatkan ketertarikan siswa untuk  belajar Bahasa Inggris. Karena, menguasai bahasa Inggris di era milineal ini suatu keharusan,” jelasnya.

Acara puncak event ini  kenduri atau makan  bersama sebagai  bentuk   rasa syukur atas kesehatan dan kebersamaan sebagai keluarga  dan selanjutnya acara  pembagian door prize untuk para peserta. Sekitar pukul 14:30 WIB, acara berakhir. Para peserta kembali ke rumahnya masing-masing dengan bahagia. (kus/ruf)