Sakit Hati Diremehkan, Ciptakan Karya Luar Biasa

10
Ferruccio Lamborgini berfoto di depan ciptaannya sedan sport Lamborghini dan traktor Lamborghini /dok:wikipedia

Profile Ferruccio Lamborghini, Founder Lamborghini

NEVER underestimate person atau jangan remehkan orang. Bila imajinasi dan kerja keras bergabung karena sakit hati maka hasilnya pun luar biasa. Itu yang terjadi pada kisah hidup Ferruccio Lamborghini, pencipta sedan sport mewah Lamborghini.

Dia menciptakan Lamborghini seri pertama hanya empat bulan pada 1963 karena merasa sakit hati diremehkan oleh Enzo Ferarri, pencipta sedan sport Ferrari. Padahal sebelumnya Lamborghini adalah pelanggan Ferrari.

Seri pertama sedan sport mewah Lamborghini 350 GTV

Ferruccio lahir pada 28 April 1916 di Cento, Italia. Dia lahir di keluarga petani anggur. Namun dia tidak tertarik meneruskan bisnis keluarganya. Dia malah tertarik di dunia mekanik. Malahan dia membangun traktornya sendiri untuk mengolah tanah pertanian keluarganya.

Belakangan, perkebunan anggur keluarganya bangkrut. Sebaliknya, bisnis traktor yang dibangun sendiri booming. Dia memperoleh banyak uang dari penjualan traktornya. Saat itu, sebagai pengusaha, dia pun banyak koleksi mobil-mobil sport mewah termasuk Ferrari.

Ketika mengendarai Ferarri, dia merasa tidak nyaman. Bunyi mesinnya berisik dan suaranya terlalu keras. Selain itu, transmisi atau kampas kopling kerap ada masalah ketika dia perjalanan bolak-balik Maranello. Ferruccio pun menyampaikan keluhannya di dealer Ferrari di kotanya. Namun keluhannya itu tidak direspon.

Sebagai pengusaha besar, dia langsung menyampaikan keluhan mesin Ferarri itu kepada pemilik Ferarri, Enzo Ferarri. Apa jawaban Enzo? Dia melihat profile Ferruccio adalah pengusaha traktor. Maka dia pun bilang dengan arogannya. Masalah mesin Ferarri itu bukan terletak di mobilnya tapi ada di pengemudinya sendiri.

“Mekanik traktor kok mengurusi mobil sport mewah. Urusi traktor Anda sendiri. Jangan urusi bisnis saya,” kata Enzo. Maka, Ferruccio marah juga. “Ferrari, mobilmu sampah!”, balasnya. Menariknya dua orang ini tinggal di Sant’Agata Bolognese. Sejak saat itu, kedua orang itu tidak bertegur sapa.

Namun ada dendam positif di hati Ferruccio. Maka dia ingin menciptakan mobil sport sendiri menyaingi Ferrari. Dia dengan tim mekaniknya bekerja keras dibarengi imajinasi menciptakan mobil sport itu. Luar biasa, hanya empat bulan saja, mobil sport Lamborghini seri pertama lahir yakni 350 GTV.

Mobil itu pun di-launching di Turin Motor Show pada Oktober 1963 dan terjual delapan unit. Saat itu semua pembiayaan pabrik mobil diback-up oleh bisnis traktor-nya. Ini tahun kebangkitan Lamborghini pesaing Ferarri.

Pada 1964. Lamborghini seri kedua 350 GT lahir kemudian seri 400GT 2+2 pada 1966. Lamborghini Miura muncul 1964 sampai 1973 sebagai puncak konfirmasi bahwa Lamborghini benar-benar pesaing Ferrari. Lamborghini terkenal karena tata letak mesin tengah belakang dan penggerak roda belakang.

Penjualan Lamborghini pesat selama satu dekade pertama. Tapi penjualan merosot setelah krisis keuangan global pada 1973 dan krisis minyak. Pada 1972, karena kesulitan keuangan, Ferruccio menjual Lamborghini dan pada 1973, traktornya juga dijual dan dia pun pensiun dan balik mengelola kebun anggurnya.

Lamborghini Gallardo yang direlease pada 2004 penjualan terbanyak yakni lebih dari 14,000 unit.

Pada 20 Februari 1993, Ferruccio meninggal karena serangan jantung. Kepemilikan Lamborghini berubah tiga kali setelah 1973, termasuk bangkrut pada tahun 1978.
Perusahaan Amerika, Chrysler Corporation, membeli Lamborghini pada 1987 dan menjualnya kepada kelompok investasi Malaysia Mycom Setdco dan kelompok Indonesia V’Power Corporation pada 1994.

Pada 1998, Mycom Setdco dan V’Power menjual Lamborghini kepada Grup Volkswagen (VW) dan menempatkan kendali di divisi Audi, anak perusahaan VW. Saat ini, Lamborghini memproduksi Huracán yang menggunakan mesin V10, Urus SUV yang ditenagai oleh mesin V8 twin-turbo, dan akan memproduksi Revuelto, sebuah hibrida V12/elektrik, mulai tahun 2024.

Selain itu, perusahaan juga memproduksi mesin V12 untuk balap perahu motor di laut. Seri Lamborghini yang paling top penjualanya adalah Gallardo yang direlease pada 2004 penjualan lebih dari 14,000.

Bagaimana Ferrari?
Sebanyak 10 persen saham Ferrari dimiliki dan terus dimiliki oleh Piero Ferrari (putra Enzo Ferrari). Saat ini, mayoritas saham Ferrari dimiliki oleh publik, yaitu 67.09 persen oleh Publik dan 22.91 persen oleh Exor N.V. (pemilik FCA).(ruf/berbagai sumber)