Satu Pasien Covid-19 Meninggal di Sidoarjo

446
Seorang jenazah korban Covid-19 di Sidoarjo dimakamkan di TPU Delta Praloyo, Kamis (25/3) dini hari. Tim pemakaman dipimpin Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin.

Sidoarjo, Pijaronline.net – Seorang pasien positif Corona, Covid-19  dari Kecamatan Sedati, tepatnya Perumahan Sedati Permai, Jl Sikatan, Sidoarjo,  meninggal dunia, Rabu (25/3/20) malam. Pasien ini sebelumnya berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19.

Pasien ini sebelumnya sudah sepekan dirawat di RS swasta. Dia juga ada penyakit bawaan diabetes.  Kemudian, dia ternyata positif Covid-19, dan meninggal semalam.

Semula pasien yang ber-KTP Surabaya ini akan dimakamkan di TPU setempat. Tapi warga menolaknya. Pihak keluarga lantas koordinasi dengan Pemkab Sidoarjo. Tim Relawan Satgas Covid-19 turun lokasi dan segera memakamkan pasien ke TPU Delta Praloyo, Lingkar Timur, Sidoarjo.

Dalam pemakaman korban Covid-19 ini, Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin juga ikut serta.  Dia dan lima relawan dengan memakai pakaian Hazmat (Hazardous Materials Suit) yang serba putih menurunkan peti jenazah korban dari ambulance dan memakamkannya. Video pemakaman tersebut sudah tersebar di grup-grup WA. Pemakaman korban diperkirakan Kamis (26/3/20) sekitar pukul 03.00.

‘’Saya ikut memakamkan jenazah korban Covid-19 memastikan aman dan tidak masalah karena jenazah korban sudah ditangani tim dokter sebelumnya,’’ ujarnya.

Menurutnya, masyarakat harus tetap tenang, jangan panik, namun tetap waspada. ‘’Masyarakat harus mematuhi segala imbauan dari pemerintah untuk tetap tinggal di dalam rumah. Itu semua demi mencegah penyebarluasan penularan Covid-19” imbuh Cak Nur, sapaanya.

Sementara itu, saat mendapat kabar meninggalnya pasien positif corona, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji langsung melakukan koordinasi dengan Forkopimda dan instansi terkait. Termasuk terkait teknis pemakaman seorang pria positif corona di salah satu rumah sakit di Sidoarjo.

“Iya benar ada pasien terpapar Covid-19 asal Sidoarjo yang meninggal dunia malam ini, dan Sesuai SOP rumah sakit, korban harus dimakamkan malam ini,” paparnya, Rabu (25/3/2020) malam.

Gencar Semprot Disinfektan

Dengan meninggalnya satu pasien Covid-19 di Sidoarjo, mulai Kamis pagi Tim Satgas Covid-19 Sidoarjo  mulai  melakukan penyemprotan secara massal disinfektan di jalan-jalan utama di Sidoarjo. Penyemprotan itu ada yang menggunakan mobil-mobil PMK dan mobil tanki lainnya.

Selain itu, sebelumnya di kampung-kampung juga dilakukan penyemprotan secara swadaya.  Di antaranya di RW 05,  perumahan Bumi Intan Permai, Gebang, Sidoarjo.  Warga iuran untuk membeli dua sprayer seharga per bijinya Rp. 1, 5 juta. Selain itu, mereka juga membeli disinfektan wipola atau  bayclyn. ‘’Disinfektan itu dicampur air dan disemprotkan,’’ ujar Mukid, Ketua RW.05, kemarin. (ary)

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Kapolresta Sidoarjo Kombel Pol Sumardji berada di TKP sebelum pemakaman jenazah korban Covid-19.