Sedati Luncurkan Kampung Tangguh Serempak 16 Desa

468
Wakapolresta Sidoarjo, AKBP Deny Agung Andriana ketika meresmikan Kampung Tangguh Semeruh di 16 desa di Kecamatan Sedati. (foto by ary)

Sidoarjo, Pijaronline.net – Sebanyak 16 desa di Kecamatan Sedati  kompak meluncurkan Kampung Tangguh Semeru.  Tujuannya menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Sedati, akhir pekan lalu.

Peluncuran 16 Kampung Tangguh Semeru Kecamatan Sedati tersebut, berlangsung di Perumahan Griya Candramas, Pepe, Sedati, Sidoarjo. Dengan dihadiri Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Forkopimka Sedati, serta perangkat desa dan warga setempat.

Ditandai dengan pemotongan pemukulan gong oleh Asisten I Pemkab Sidoarjo Ainurrohman, didampingi Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, Pasiter Kodim 0816 Kapten Inf. M. Said, Camat Sedati Abu Dardak, dan jajaran Forkopimka Sedati.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako dari Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo serta Kodim 0816 Sidoarjo.

Acara dilanjutkan dengan pengecekan SOP protokol kesehatan pencegahan Covid-19, ruang isolasi, ruang kesehatan, lumbung pangan, tanaman hidroponik, juga ada sentra UMKM warga.

Camat Sedati, Abu Dardak menyampaikan bahwa sebagian besar wilayahnya berkomitmen dan bersungguh-sungguh, mewujudkan wilayah yang tangguh di berbagai sektor. Termasuk tangguh dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Selain itu, adanya Kampung Tangguh ini menjadikan lingkungan di wilayah kami lebih cinta kebersihan, aman dari tindakan kriminal, serta membuat hubungan antar warga saling peduli,” jelasnya.

Peluncuran Kampung Tangguh Semeru, dari 16 Desa di Kecamatan Sedati mendapat apresiasi dari Asisten I Pemkab Sidoarjo Ainurrohman yang menyampaikan, banyak manfaat dari ada program Kampung Tangguh, lingkungan jadi asri, bersih, aman, dan sehat

“Semua wilayah baik desa maupun perkampungan di Kabupaten Sidoarjo harus semarak dalam membentuk Kampung Tangguh Semeru,” ungkapnya.

“Banyak manfaat dari ada program ini, termasuk yang telah dilakukan warga di 16 desa Kecamatan Sedati sini. Lingkungan jadi asri, bersih, aman, dan sehat” lanjut Asisten I Pemkab Sidoarjo.

Melalui kekuatan Kampung Tangguh Semeru, Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, memotivasi warga agar saling gotong royong dan menguatkan dalam penerapan segala protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Dengan upaya tersebut, sehingga desa maupun kelurahan akan menjadi tangguh. Warganya pun tangguh, khususnya menghadapi pandemi Covid-19. Misal contoh, dengan adanya satgas-satgas yang ada di dalam Kampung Tangguh Semeru. Seperti yang dilakukan dalam simulasi penanganan korban Covid-19, dan penerapan protokol kesehatan di pos check point saat memeriksa orang luar masuk ke wilayah kita,” jelasnya.

“Sebab itu, jika Kampung Tangguh Semeru ini sudah dapat dijalankan dengan tepat oleh warga. Saya berharap posko ini akan terus lestari, agar wilayah kita semakin tangguh serta kamtibmas kita tetap kondusif,” lanjut Wakapolresta Sidoarjo. (ary)