Acara Kemilau Nusantara Jadi Kolaborasi KBN dengan Ika Unair

188
Pemberian donasi untuk peduli disabilitas.

Surabaya, PijarOnline.net – Komunitas Busana Nusantara (KBN) berkolaborsi dengan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (PP Ika Unair) menggelar Kemilau Nusantara. Kegiatan yang digelar Atrium Cito Mall, Surabaya ini untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional 2022.

Penasihat KBN Dwi Wahyu Indrawati memberikan medali penghargaan kepada peserta.

Sekitar 200 undangan hadir dalam acara yang digelar dari sore hingga malam hari, Sabtu, 10 Desember 2022.  “Ini salah satu upaya kami untuk selalu menebar kebaikan dan bangga mengenakan busana Nusantara. Kami suka memakai pakaian adat, batik, kebaya, maupun wastra Nusantara. Karena itu semua adalah identitas bangsa Indonesia,” ungkap Ketua KBN Lokesywara Setyo Purboko, dalam sambutannya.

Permainan musik angklung dari Angklung Darjoers

Sedangkan Ketua Umum Ika Unair Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan yang diwakili oleh Ketua Bidang Pengembangan Organisasi Yunus Enus mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini. “Ibu Khofifah sangat mengapresiasi acara Kemilau Nusantara yang diadakan oleh KBN. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini,” ungkap Yunus Enus.

“Dengan adanya event ini, KBN berharap agar dapat menumbuhkembangkan rasa kepedulian pada sesama. Juga menambah kecintaan masyarakat terhadap wastra dan budaya Nusantara lainnya,” kata Penasihat KBN Dwi Wahyu Indrawati yang juga salah satu alumnus FKG Unair ini.

Panitia Kemilau Nusantara berpose bersama.

Para disabilitas sejatinya adalah manusia ciptaan Tuhan yang memiliki hak yang sama dengan manusia lainnya. Dengan adanya perhatian internasional terhadap para disabilitas   maka setiap tanggal 3 Desember, Hari Disabilitas Internasional diperingati oleh masyarakat dunia.

“Melalui Kemilau Nusantara, Komunitas Busana Nusantara (KBN)  memberikan wadah para disabilitas untuk mengekspresikan kemampuan dalam bidang seni dan budaya (fashion show busana Nusantara, tarik suara, dan musik),” ujar Pimpinan Proyek Kemilau Nusantara Puspitaningtyas.

Selain itu, katanya, sekaligus memberikan inspirasi bagi masyarakat luas untuk makin mencintai pemakaian busana Nusantara di setiap aktivitas. Sekaligus melalui event ini KBN mengajak masyarakat untuk peduli para disabilitas.

Salah satu peserta dari PAUD memeriahkan Kemilau Nusantara.

Sementara, Wakil Ketua KBN Ariesca Dwi Aptasari mengungkapkan bahwa dirinya bangga menjadi Bangsa Indonesia dan bangga berbusana Nusantara. “Berbusana Nusantara adalah refleksi identitas bangsa Indonesia,” kata Deni Setya Bagus Yuherawan yang juga menjadi penasihat KBN.

Turut mendukung acara ini anak-anak berbakat dari PAUD Permainan Hati, Dahlia, Cahaya Bunda, Nurul Muta’alim, Amanah Bunda hingga orang tua dengan partisipasi lainnya. Juga ada donasi tabungan pribadi, drummer Boy, tari-tarian, permainan musik angklung  dari Angklung Darjoers, fashion show ibu dan anak, line dance, flash mob, dan electone. Semuanya mengenakan busana berwastra Nusantara.(zki)