Lantai Ruang UKS Panas akibat Arde Listrik

372
Lantai ruang UKS SDN Tropodo dibongkar untuk mencari penyebab panas. (Foto: Istimewa)

Sidoarjo, Pijaronline.net – SD Negeri Tropodo, Kecamatan Krian, Sidoarjo di lantai ruangan UKS tiba-tiba hangat, bahkan panas. Hal ini membuat perhatian Pemkab Sidoarjo. Itu terbukti ketika Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin mendatangi sekolah.

Nur Achmad Saifuddin didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanana (DLHK)  Sidoarjo Sigit Setyawan datang di sekolah sekitar pukul 09.00 WIB. Tiba di lokasi, rombongan langsung mengecek ruang UKS yang lantainya panas.

Nur Achmad Saifuddin yang akrab dipanggil Cak Nur langsung memegang lantai yang panas Cak Nur mengaku memang benar terjadi panas.

“Panasnya cukup lumayan. Agar tidak menjadi polemik berkepanjangan lebih baik dibongkar,” kata Cak Nur kepada wartawan di lokasi SD Negeri Tropodo, Krian, Sidoarjo, Jumat (3/1).

Cak Nur menambahkan, langkah ini untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab panas di lantai ruang UKS itu. Pasalnya, lokasi ini setiap hari banyak siswa yang melakukan kegiatan belajar.

“Saat dilakukan pembongkaran lantai yang panas, keluar asapnya. Dari pihak DLHK melakukan pengukuran suhu. Terpantau suhunya naik terus mencapai 44 derajat Celsius,” tambah Cak Nur.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, setelah lokasi tersebut dibongkar hingga mencapai kedalaman 40 cm, terlihat kabel arde listrik. Kabel tersebut saat tersentuh linggis mengeluarkan percikan seperti konsleting listrik.

“Setelah tim kami dari PJU melakukan pengecekan, ternyata kabel arde tersebut ada aliran listrik. Seharusnya kabel arde tidak ada aliran listrik,” kata Sigit.

Lebih lanjut Sigit, menjelaskan, petugas PJU mencoba membetulkan aliran listrik yang salah tersebut. Diduga pemasangan instalasi listrik di SD Negeri Tropodo Kecamatan Krian itu kurang sempurna. Untuk sementara, kabel arde yang di ruang UKS tersebut diputus.

“Semoga penyebab lantai panas di ruang UKS hanya dari aliran listrik yang salah. Untuk sementara kabel tersebut diputus,” pungkas Sigit.(dan)